-->

MEDIA PARTNER

Sunday, March 22, 2020

Cara Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Cara Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Tentunya sebelum bisa merasakan legitnya earning dari Adsense, seorang blogger terlebih dahulu harus mengetahui cara mendaftar Google Adsense yang benar. Bagi pemula terkadang mendaftar Google Adsense terasa begitu rumit.

Sebagai seorang blogger, Anda pastinya pernah atau sering mendengar mengenai Google Adsense yang merupakan program advertising kontekstual terbaik di dunia. Program periklanan cost-per-click  milik Google ini memiliki nilai klik yang sangat besar, sehingga banyak blogger yang tiba-tiba menjadi jutawan seteleh menempelkan kode iklan Adsense di blognya. 

Jangan khawatir, Anda dapat menemukan cara mendaftar Google Adsense bagi pemula di bawah ini.

Panduan Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Cara Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Oke sebelum Anda mengikuti step-by-step cara mendaftar Google Adsense yang benar, kami akan memandu Anda terlebih dahulu, apa-apa saja yang mesti disiapkan sebelum mendaftar Google Adsense.

Tidak dapat dipungkiri, Google Adsense memang merupakan program advertising terbaik bagi para publisher. Memang terdapat alternatif program periklanan lainnya selain Google Adsense, namun semakin Anda mencarinya, maka semakin Anda yakin bahwa Google Adsense ‘lah  program advertising terbaik! 

Di bawah ini adalah beberapa syarat yang mesti Anda patuhi sebelum mendaftar Google Adsense:
  • Pertama, Anda harus memiliki akun Gmail.
  • Kedua, Anda harus memiliki website yang terlihat profesional. Agar cepat diterima, gunakan template responsif, posting konten-konten original dan SEO-friendly, masukan elemen-elemen mendasar dalam situs seperti disclaimer, privacy policy, TOS, dan lainnya.
  • Ketiga, Anda sudah harus berusia 18 tahun keatas.


Cara Mendaftar Google Adsense 

Cara Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Google Adsense menerapkan aturan yang sedikit berbeda dalam pendaftaran akun Google Adsense. Dewasa ini, proses diterimanya akun Adsense membutuhkan waktu yang cukup lama, khususnya pada website yang belum mematuhi peraturan Google Adsense. Untuk detail mengenai cara mendaftar Google Adsense silahkan cek di bawah ini:
  • Masuk ke laman www.google.com/adsense.
  • Lalu klik ‘sign up now’.
  • Masukan e-mail dan password Anda.
  • Setelah itu akan muncul halaman ‘Sign Up’.
  • Masukan alamat blog Anda, jangan sertakan http://.
  • Lalu jawab setiap pertanyaan mendasar masih dalam laman tersebut.
  • Lalu centang ‘Yes, I have read and accept the agreement’.
  • Pada laman ‘Payment address details’, pilih jenis akun yang Anda inginkan – individual atau bisnis.
  • Lalu masukan alamat lengkap Anda, pastikan alamat sesuai dengan data diri Anda, klik ‘submit’.
  • Lalu pilih konfirmasi lanjutan, apakah melalui pesan teks atau panggilan telepon, masukan kode konfirmasi yang dikirimkan pada ponsel Anda.
  • Lalu klik ‘Get Started’.
  • Lalu masukan kode HTML yang ada laman tersebut pada blog Anda.
  • Lalu tunggu hingga masuk email pemberitahuan dari Google – diterima atau ditolak.
  • Jika diterima, maka akun Google Adsense bisa langsung menayangkan iklan kontekstual dan tab earning ‘pun mulai aktif.


Tips Mendaftar Google Adsense Dengan Blog Baru

Cara Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Nah selain membahas cara mendaftar Google Adsense bagi pemula, kami ‘pun akan membahas lebih jauh mengenai proses pendaftaran Google Adsens dengan blog baru. 

Bukan rahasia lagi, Google Adsense merupakan program advertising terbaik untuk me-monitize blog atau website. Banyak kritikus bisnis online yang mengklaim bahwa Google Adsense 90% lebih baik dibanding program periklanan lainnya dari segi fitur dan juga kemungkinan profit yang didapatkan. Namun mungkinkah mendaftar Google Adsense dengan blog baru? 

Jawabannya sangat sulit karena Google biasanya lebih respect pada blog berumur yang sudah memiliki visitor dalam jumlah banyak dan stabil. Namun selalu ada jalan menuju Roma, dalam artikel ini Anda bisa menemukan tips mendaftar Google Adsense dengan blog baru namun kemungkinan approve nya sama dengan blog berusia lama.

Perhatikan Kualitas Blog Anda

Bagi Anda yang memiliki blog baru namun ingin cepat-cepat mendaftar Google Adsense, sebenarnya bukan masalah asalkan Anda memperhatikan kualitas blog Anda sebelumnya. Terdapat beberapa kriteria umum dimana tim dari Google Adsense menilai kualitas sebuah blog – dan hal ini sebenarnya bisa diakali. 

Publisher yang berada di negara-negara berkembang seperti India atau Indonesia memerlukan minimal 6 bulan agar blog-nya bisa didaftarkan. Namun banyak kok blogger yang memiliki blog baru 1-2 bulan yang berhasil diterima akun Google Adsense-nya. 

Nah sebelum Anda mendaftar Google Adsense, Anda harus mematuhi trik ini – buatlah konten sebagus mungkin! Berikut beberapa kriteria konten yang disukai tim Google Adsense:
  • Konten harus unik, original, rapi dari segi penulisan dan grammar, dan memiliki unsur SEO.
  • Jumlah minimal kata yang harus Anda buat yaitu 500 kata, dibawah 500 kata rasa-rasanya agak sulit mendapatkan hati tim Google Adsense.
  • Konten harus memiliki meta title (tidak lebih dari 69 karakter) dan deskripsi (tidak lebih dari 156 karakter).


Daftarkan Root Domain

Sebelum Anda mendaftar Google Adsense, pastikan Anda mendaftarkan root domain Anda seperti domainanda.com, bukan blog.domainanda.com.

Lebih Serius Saat Mencantumkan Gambar

Kebanyakan blogger tidak terlalu aware mengenai pencantuman gambar dibanding dengan pembuatan artikel itu sendiri. Padahal salah satu faktor mengapa akun Google Adsense susah di-approve yaitu karena menggunakan gambar yang tidak original. Jadi sebelum Anda mendaftar Google Adsense, Anda harus menekankan betapa pentingnya konten original, bahkan pada gambar sekalipun. 

Bagi pemula mungkin bingung, bagaimana caranya mendapatkan gambar yang original. Caranya sangat mudah kok, tinggal cari situs penyedia gambar original yang bisa diunduh secara gratis. Sebelum mendaftar Google Adsense, ada baiknya Anda lebih serius dalam mencantumkan gambar ya.

Perhatikan Struktur Blog

Sebelum Anda mendaftar Google Adsense dengan blog baru, ada baiknya Anda memperhatikan struktur blog Anda. Pastikan Anda memiliki blog dengan struktur yang rapi seperti heading, sidebar, footer dan lainnya.

Pastikan Blog Anda Tidak Diblok oleh Google 

Sebelum mendaftar Google Adsense sebaiknya cek kondisi blog Anda terlebih dahulu – diblok atau tidak. Caranya sangat mudah, tinggal masukan query ‘site:domainanda.com’ di mesin pencari.

Buang Jauh-jauh Konten dan Kata-kata yang Dilarang

Sebelum Anda mendaftar Google Adsense, pastikan tidak ada konten-konten yang dilarang Google Adsense seperti konten 18+, obat-obatan terlarang, senjata api dan lainnya.


Trik Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

Cara Mendaftar Google Adsense Bagi Pemula

Banyak blogger berlomba-lomba membuat akun Google Adsense, namun kebanyakan dari mereka harus gigit jari karena Google tidak menyetujuinya.  Daftar Google Adsense memang mudah, namun yang susah yaitu pada tahap review kedua saat kode HTML Adsense ditempelkan pada blog. Nah disinilah Anda harus mengetahui trik-triknya agar Google yakin bahwa blog Anda benar-benar profesional dan mampu menampilkan iklan dari advertiser dengan baik. 

Sebagai catatan, artikel ini fokus pada trik daftar Google Adsense non hosted yang merupakan jenis Adsense paling profitable namun paling susah dibuat. Beberapa trik daftar Google Adsense berikut bisa menjadi rujukan terbaik bagi Anda yang selalu gagal dalam mendaftar Adsense.

Banyak publisher yang sudah menggunakan layanan Adsense monetization untuk me-moniteze blognya. Tidak heran karena dibanding program advertising lainnya, nilai klik iklan Google Adsense ini sangat tinggi, bahkan mencapai $50 hingga $100 – tergantung keyword yang dibidik. 

Bisnis Google Adsense ini memang sangat menggiurkan, namun terasa sangat sulit terutama saat daftar Google Adsense yang sangat sulit di-approve Googgle. Beberapa trik daftar Google Adsense berikut ini memang tidak menjamin akun Adsense Anda akan diaktifkan sepenuhnya, namun setidaknya lebih dekat pada approval Google, yuk mari cek ulasannya di bawah ini.

Pahami Kebijakan Program Adsense

Banyak publisher pemula gagal mendaftar Adsense karena tidak pernah sekalipun membaca Kebijakan Program Adsense. Bagi Anda yang belum tahu Kebijakan Program Adsense, silahkan ikuti link ini https://support.google.com/adsense/answer/48182. 

Jadi sebelum daftar Google Adsense, sebaiknya pahami dulu berbagai poin yang ada dalam Kebijakan Program Adsense. Beberapa poin yang ada dalam Kebijakan Program Adsense yaitu pedoman konten, materi yang dilindungi hak cipta, sumber traffic, dan penempatan iklan.

Perbaiki Kualitas Konten

Salah satu faktor mengapa banyak blogger pemula sering gagal saat daftar Google Adsense yaitu karena  kualitas kontennya yang sangat buruk. Jika konten blog Anda beruba teks artikel, maka pastikan artikel tersebut original karena unsur originalitas masuk dalam Kebijakan Program Adsense. 

Selain itu pastikan artikel yang Anda buat terlihat seperti deskripsi dan bersifat seperti panduan – Google sangat menyukai artikel semacam ini. Jika Anda sudah mampu menulis artikel yang original dan deskriptif, maka selanjutnya Anda harus belajar teknik SEO onpage agar artikel terlihat semakin Google friendly.

Jangan Gunakan Banner Iklan Lainnya

Jika Anda sedang dalam proses daftar Google Adsense tahap ke 2, pastikan banner iklan selain kode HTML Adsense dicopot semuanya.

Perbanyak Pengunjung Blog

Google sangat tidak mentolerir blog yang miskin visitor, jadi sebelum Anda daftar Google Adsense, sebaiknya blog Anda sudah ramai terlebih dahulu, caranya kembali ke poin ke 2.

Daftar Melalui YouTube

Trik daftar Google Adsense non hosted yang banyak diadopsi banyak publisher yaitu melakukan pendaftaran lewat YouTube. Berikut Anda bisa menemukan langkah-langkah daftar Google Adsense non hosted melalui YouTube:
  • Buat sekitar 2-3 video original (ingat harus original, tidak perlu video yang serius, cukup video-video santai Anda bersama teman atau keluarga).
  • Upload video tersebut di YouTube.
  • Lalu masuk ‘account monetization’ di YouTube, lalu lakukan pendaftaran Adsense hosted terlebih dahulu.
  • Setelah diterima, lalu Anda masuk ke link http://www.google.com/adsense.
  • Setelah itu masukan email dan password YouTube Anda.
  • Lalu daftarkan YouTube Anda melalui Google Adsense.
  • Tunggu beberapa hari, jika diterima maka masukan alamat blog TLD Anda di pengaturan akun Adsense Anda.


Nah itulah cara mendaftar Google Adsense bagi pemula, bagaimana sudah mengerti bukan? Trik mendaftar Google Adsense diatas sedikit berbeda dengan versi beberapa tahun kebelakang. Jika Anda membutuhkan bimbingan atau panduan bisnis Google Adsense yang lebih profesional, Anda bisa menghubungi Gudang Konten. Anda tidak hanya diajarkan caranya mendaftar Google Adsense, namun Anda juga akan diajarkan bagaimana caranya mengisi earning yang ada dalam akun Adsense.