MEDIA PARTNER

Tuesday, September 10, 2019

Tips Upgrade Groupset Road Bike Terbaik

Tips Upgrade Groupset Road Bike Terbaik 2

Ada pepatah mengatakan ‘jangan beli sepeda baru, cukup upgrade groupset nya saja’, yang berarti biker tidak perlu membeli sepeda baru, cukup upgrade beberapa komponen yang ada pada sepeda. Termasuk untuk road bike (sepeda balap) yang membutuhkan upgrade lebih mendetail dan presisi pada komponen-komponennya. Berbeda dengan tipe sepeda lain, road bike membutuhkan groupset yang mampu memacu speed hingga tingkat maksimal. 

Bersepeda bukanlah hal yang mudah terutama road biking yang tidak hanya membutuhkan teknik-teknik bersepeda saja, melainkan pemahaman akan groupset nya. Jika Anda adalah seorang road biker, berikut beberapa tips upgrade groupset raod bike terbaik.

Tentang Groupset Road Bike


Groupset merupakan seluruh komponen mekanik yang ada pada sepeda, yang masuk dalam dua fungsi yaitu komponen mekanis dan pengereman. Produsen yang paling terkenal dalam memproduksi groupset adalah Shimano, SRAM and Campagnolo. Namun untuk road bike, nama Campagnolo merupakan pioner groupset road bike. 

Terdapat beberapa komponen groupset pada road bike yaitu crankset, chain, derraileur, headset, shifter, brake caliper, brake lever, casseste, bottom, hub dan wire mechanism. Komponen-komponen tersebut memainkan peranan penting dalam membentuk kualitas dari road bike. Bagi biker profesional, mengetahui berbagai fungsi dari groupset sangatlah penting. 

Pahami Kebutuhan Anda

Bagi Anda road biker yang masih dalam tahap trial and error, dan ingin menjadi biker dalam jangka waktu yang lama, maka upgrade lah road bike Anda dengan groupset yang membuat Anda mampu mempelajari berbagai komponen-komponen dalam sepeda. Tidak perlu membeli yang mahal dulu, cukup beli beberapa komponen yang dirasa paling penting dulu. 

Baru setelah Anda memiliki jam terbang, dan sudah sering mengikuti kejuaraan, upgrade road bike Anda dengan berbagai komponen ‘high tech’ yang sesuai dengan ekspektasi Anda. 

Upgrade Groupset Sesuai Kebutuhan


Jika road biker belum belum mampu secara finansial membeli groupset mahal dan ingin memiliki road bike yang dapat melaju dengan cepat maka mulailah dengan mengupgrade bagian roda dari sepeda. Roda memiliki fungsi yang sangat vital pada sepeda, khususnya road bike. 

Belilah roda sepeda yang tepat dan memiliki material yang kuat, jangan lupa roda sepeda tersebut harus seaerodinamis mungkin. Mavic Ksyrium Elite merupakan salah satu pilihan terbaik jika Anda ingin roda sepeda yang mumpuni.

Jangan lupa, pasangkan roda sepeda pilihan Anda dengan ban berkualitas tinggi. Michelin’s Pro4 sangat recommended bagi Anda biker profesional. Pastikan ban yang Anda beli, cocok dengan konstruksi roda sepeda. Pastikan juga ban yang Anda beli sesuai dengan cuaca tempat Anda menjalani aktivitas bersepeda.

Bagian rem juga sangat penting untuk road bike, groupset Shimano 105 memiliki sistem pengereman cukup berkualitas dan dapat diandalkan untuk road biking. Pilih juga komponen rem yang mampu berfungsi pada kondisi jalanan yang basah. Bagian lainnya yang perlu diperhatikan adalah sadle road bike, beberapa produk sadle seperti Pro Falcon dan Essax Shark mampu memenuhi ekpektasi Anda. 

Selain beberapa komponen diatas, bagian perkabelan juga sangat penting.  Pastikan Anda mengupgrade perkabelan dengan kabel yang dapat merenggang dengan baik.

Demikianlah info mengenai tips upgrade groupset raod bike terbaik, pastikan Anda mengupgrade sesuai kebutuhan dan terus belajar dari berbagai pengalaman Anda. Meng-upgrade groupset memang menyenangkan namun jangan sampai membobol habis kantong Anda.

0 komentar