MEDIA PARTNER

Monday, September 9, 2019

Tips Memilih Sadel Road Bike Yang Aman dan Berkualitas

Tips Memilih Sadle Road Bike Yang Aman dan Berkualitas 2

Selain suspensi, rem, ban dan juga  stang, sadel merupakan bagian terpenting dari sebuah sepeda. Terutama untuk road bike atau sepeda balap yang membutuhkan performa sepeda yang komplit, sadel menjadi bagian yang tak boleh dilewatkan. Road bike sangat identik dengan biker pro, tak heran jika dalam pemilihan sadel pun dilakukan dengan sangat hati-hati. Sadel memberikan kenyamanan pada biker sehingga tercipta performa bersepeda yang maksimal. 

Karena road bike berjalan diatas trek aspal yang flat, maka berbagai elemen pada sepeda pun dibuat sangat ringan termasuk sadel. Jika Anda seorang biker road bike, tidak ada salahnya melihat berbagai tips memilih sadel road bike di bawah ini.

Tips Memilih Sadel Road Bike - Tipe Bersepeda


Sebelum membeli sadel di toko terdekat, ada baiknya mengenal lebih mendalam tipe bersepeda Anda. Jika Anda memiliki tipe bersepeda yang serius terutama untuk mengikuti kejuaraan maka Anda harus membeli sadel road bike yang super ringan dengan material karbon. 

Berbeda jika tipe bersepeda Anda adalah hanya untuk having fun saja, maka pilihlah sadel road bike standar yang minimal membuat Anda nyaman saat mendudukinya. Jadi sangat penting mengetahui tipe bersepeda yang Anda miliki.

Tips Memilih Sadel Road Bike - Penempatan Sadel Harus Baik


Banyak pemula menyangka bahwa sadel dengan busa yang banyak dapat membuat sadle menjadi lebih nyaman. Namun para biker pro pasti menyangkalnya karena penempatan yang sadel baik mesti dijadikan prioritas, meskipun busa juag dapat menjadi faktor kenyamanan sadel. Sadel road bike juga memiliki dua buah logam penyangga yang fungsinya agar sadel bisa stabil.

Jadi sebelum Anda membeli sadel baru di toko, ada baiknya Anda melihat penyangga dan juga port pada sadel tersebut, apakah cocok atau tidak dengan road bike yang Anda punyai. Jangan lupa untuk melakukan trial error dalam penempatan sadle, hingga Anda yakin penempatannya sudah ideal.

Tips Memilih Sadle Road Bike - Perhatikan Jarak Antara Sadle dengan Seatpost


Sebelum Anda membeli sadel road bike, ada baiknya Anda melihat port dan juga rails dari sadel tersebut. Pastikan pengaturan port dari sadel ke seatpost dapat diatur seideal mungkin. Biasanya sadel road bike memiliki rails yang terbuat dari serat karbon yang hanya match dengan road bike saja. Pastikan sadel yang Anda beli memiliki settingan yang ideal ketinggiannya sehingga nyaman saat diduduki.

Tips Memilih Sadle Road Bike - Belilah Sadle Road Bike yang Berkualitas


Jika Anda ingin sadel yang tahan lama dan mampu memberikan performa yang mumpuni saat bersepeda maka belilah sadel road bike yang berkualitas. Perlu Anda ketahui, sadel road bike yang berkualitas adalah yang memiliki berat yang sangat ringan. Selain itu biasanya sadel road bike yang berkualitas memiliki rails atau penyangga yang terbuat dari karbon fiber bukan stainless steel. 

Rails yang terbuat dari karbon fiber mampu meredam getaran lebih baik daripada stainless steel. Namun hal tersebut berlaku jika Anda mampu membeli sadel dengan rails karbon fiber karena harganya 100 persen lebih mahal daripada sadel stainless steel atau logam lainnya. Namun harga mahal dari rails serat karbon setara dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk performa bersepeda yang lebih powerful. 

Itulah beberapa tips memilih sadel road bike yang aman dan berkualitas. Jangan sampai Anda membeli sadel road bike yang salah sehingga kegiatan bersepeda pun menjadi tidak nyaman.

0 komentar