MEDIA PARTNER

Tuesday, September 10, 2019

Shotgun Mic Terbaik Untuk Kamera DLSR

Shotgun Mic Terbaik Untuk Kamera DLSR 2

Dewasa ini banyak dari videografer yang memanfaatkan kamera DSLR untuk perekaman sinematografi. Hal tersebut karena kamera DSLR cenderung memiliki fokus yang sangat tajam atau dalam istilah fotografi disebut dengan ‘bokeh’. Salah satu aksesoris paling penting untuk aktivitas videografi dengan menggunakan DSLR adalah shotgun mic. 

Alat satu ini berfungsi untuk memaksimalkan kualitas audio dari kamera DSLR. Kualitas audio dari sebuah karya sinematografi sangatlah penting, terutama bagi anda yang menggunakan kamera DSLR sebagai device utama kegiatan videografi. Namun jika anda ‘keukeuh’ tidak ingin menggunakan aksesoris kamera ini, silahkan saja dan siap-siaplah dicaci maki banyak penonton karena kualitas audio begitu buruk. 

Dalam artikel ini anda akan menemukan beberapa shotgun mic terbaik untuk kamera DSLR yang beredar di pasaran, berikut listnya:

Rode Videomic Shotgun Microphone


Dibandrol dengan harga satu jutaan, shotgun mic satu ini sudah sangat ideal untuk kamera DSLR anda.  Rode Videomic Shotgun Microphone mempunyai performa yang sangat halus dan dibalut dengan desain yang solid.  Hal menarik dari device satu ini adalah adanya bantalan atau port yang bisa didesain ulang. 

Permukaannya begitu mulus dan juga memiliki area elastis sehingga sangat mudah untuk dipasang ulang. Rode Videomic Shotgun Microphone sangat pas untuk berbagai kegiatan videografi seperti konser musik, wawancara, ataupun event-event outdoor lainnya. Kekuatan baterai dari Rode Videomic Shotgun Microphone juga sangat mumpuni, berdaya 9V, shotgun mic ini mampu bertahan hingga berhari-hari penggunaan.  

Juga adanya high-pass filter yang dapat digunakan untuk mengeliminasi dengungan yang biasa muncul saat HVAC sedang beroperasi. Rode Videomic Shotgun Microphone mempunyai colokan jack 3.5mm yang kompatibel dengan berbagai kamera DSLR. 

Rode Videomic Pro Shotgun Microphone


Inilah produk lainnya dari Rode yang merupakan aksesoris favorit para pembuat film ataupun dokumenter. Rode Videomic Pro Shotgun Microphone berada dalam kategori best-selling shotgun mic terutama sangat populer di kalangan filmmaker indie. Dengan menggelontorkan dana agak mahal daripada videomic standar, anda akan mendapatkan kualitas audio yang jauh lebih baik. 

Bagian paling oke dari Rode Videomic Pro Shotgun Microphone adalah bentuknya yang sangat solid. Bentuknya juga lebih kecil dari shotgun mic kebanyakan, dan ujung dari mic tidak akan mengganggu bagian depan dari kamera, menjadikannya sebagai pilihan terbaik bagi filmmaker. Rode Videomic Pro Shotgun Microphone sangat cocok dikombinasikan dengan Canon EOS 70D, hasil video yang ciamik yang menyatu dengan kualitas video yang juga ciamik. 

Sennheiser MKE 600


Shotgun mic satu ini bisa dibilang merupakan evolusi dari kedua model Rode diatas. Yang membuat spesial Sennheiser MKE 600 ini selain desainnya adalah hasil audionya sangat minim desisan dan dengungan. Namun jika ada desisan sedikit, anda bisa melakukan proses editing dengan mudah (overall bukan masalah besar, karena desisannya hampir tidak terdengar). Keseluruhan hasil audio begitu renyah dan kaya akan tone.  

Sennheiser MKE 600 menggunakan konektor XLR sehingga pastinya anda membutuhkan sebuah XLR hingga adaptor 3.5 mm. Sennheiser MKE 600 sangat cocok digunakan untuk wawancara rutin, terutama untuk jurnalis yang tayang live setiap hari. Device satu ini juga bagus untuk kegiatan didalam studio karena menghasilkan suara yang sangat presisi. Ukurannya lebih besar dari kedua Rode diatas, hampir 10inci, jadi anda akan merasakan dengan jelas device ini saat on-air. 


Nah itulah beberapa shotgun mic terbaik untuk kamera DSLR yang bisa Anda andalkan untuk menghasilkan audio yang berkualitas untuk karya videografi Anda!



0 komentar