MEDIA PARTNER

Tuesday, September 10, 2019

Kelebihan Driverless Car (Mobil Tanpa Sopir) – Teknologi Mobil Masa Depan

Kelebihan Driverless Car  2

Tidak lama lagi teknologi mobil tanpa sopir yang biasanya muncul di film-film sci-fi akan diproduksi dalam jumlah besar. Dengan munculnya driverless car tidak sepenuhnya dianggap sebagai kabar gembira karena penggunaan driverless car masih sangat beresiko dan belum didukung sarana prasarana yang pas. Namun kemunculan driverless car ini meniupkan angin segar bagi mereka yang sangat menyukai hal-hal berbau kepraktisan. 

Berbagai rumor beredar tentang mobil tanpa sopir ini, yang dalam skala besar sudah diaplikasikan untuk dunia militer. Untuk mengobati rasa penasaran Anda mengenai driverless car ini, berikut beberapa kelebihan driverless car.

Prediksi Driverless Car


Meskipun masih terlalu dini untuk memprediksi apa yang mungkin terjadi jika driverless car ini diproduksi dalam jumlah besar namun banyak orang sudah menunggu teknologi mobil masa depan ini. Beberapa produsen mobil besar dunia sudah memperlihatkan prototipe mobil tanpa supir ini dan diperkirakan akan dilaunching secara resmi pada tahun 2020 mendatang. 

Namun banyak pengamat yang memprediksi bahwa driverless car akan lebih awal di-launching ke pasaran. Erik Coelingh, seorang teknisi senior dari produsen mobil besar dunia yaitu Volvo mengatakan bahwa driverless menyediakan lebih banyak manfaat daripada mudarat. Berikut beberapa manfaat jika driverless car menjadi mobil mainstream di dunia.

Kelebihan Driverless Car - Jalanan Akan Lebih Aman


Jika mayoritas orang menggunakan driverless car, maka kemungkinan besar jalanan akan lebih aman. Mengapa bisa seperti itu? Hal tersebut karena mobil tanpa sopir berjalan pada rute yang telah ditentukan, dan juga memiliki sensor optikal yang dapat menangkap adanya objek yang mendekat dari jarak ratusan kilometer jauhnya. 

Sensor optikal tersebut bekerja dengan panduan laser dan juga penggunaan road map seperti Google Street View. Driverless car juga mulai dipasarkan di Amerika dan imbasnya angka kecelakaan semakin menurun setiap tahunnya. Jadi dengan adanya driverless car ini, potensi kecelakaan karena human error  bisa diminimalisir.

Kelebihan Driverless Car - Lebih Efisien dan Hemat Bahan Bakar

Mobil tanpa sopir juga didesain untuk lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Mobil akan berakselerasi dan mengerem dengan sangat efisien dan efektif. Selain itu, potensi adanya human error juga sangat kecil sehingga meminimalkan anggaran kecelakaan setiap tahunnya. 

Selain itu, karena berjalan dengan otomatis maka jalanan pun akan sangat terstruktur dan kemacetan pun bisa diatasi. Selain itu driverless car juga dapat menurunkan kadar emisi karbondioksida yang dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Kelebihan Driverless Car - Kebebasan Menjadi Milik Anda


Salah satu keunggulan driverless car daripada mobil konvensional adalah Anda sepenuhnya memiliki kebebasan saat berada didalam mobil. Anda tak perlu lagi memikirkan teknik berkendara yang aman dan juga harus fokus pada rambu-rambu lalu lintas. Semuanya diserahkan pada prosessor yang berada didalam mobil. 

Selain itu dengan penggunaan driverless car, kemacetan bisa dikendalikan karena mobil-mobil tanpa sopir akan saling kompromi satu sama lain. Selain Anda bisa melakukan berbagai aktivitas didalam mobil juga Anda dapat terhindar dari kemacetan. 

Itulah beberapa kelebihan driverless car dibanding mobil konvensional lainnya. Meskipun otomatis, mobil tanpa sopir juga memiliki fitur over ride yang memungkinkan pengguna untuk menyetir mobil secara konvensional. Beberapa mega korporasi dunia seperti Apple, Google, Baidu, Ford, General Motor dan lain-lain sedang berlomba-lomba membuat produk driverless yang bisa dipakai oleh banyak orang. Semoga dengan mengenal driverless car lebih mendalam, Anda mendapatkan pencerahan mengenai tren mobil di masa depan

0 komentar