MEDIA PARTNER

Tuesday, September 17, 2019

Contoh Proposal Bantuan Dana untuk Berbagai Kegiatan

Contoh Proposal Bantuan Dana untuk Berbagai Kegiatan 2

Tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari calon klien, apalagi yang berhubungan dengan keuangan. Namun bagaimanapun, jika Anda mampu membuat proposal dana bantuan yang berkualitas, maka  Anda bisa mendapatkan bantuan dana dengan mudah dari klien. 

Agar proposal lebih cepat di-approve, maka proposal mesti dapat menarik perhatian klien dan juga berisikan data-data yang original dan valid. Itulah mengapa banyak orang yang membutuhkan contoh proposal bantuan dana yang tepat, sebagai pondasi agar proposal yang dibuat, mampu menarik minat calon penyumbang dana. Di bawah ini kami akan menyajikan beberapa contoh proposal bantuan dana beserta beberapa tips agar proposal mudah diterima. 

Tujuan dan Contoh Proposal Bantuan Dana

Contoh Proposal Bantuan Dana untuk Berbagai Kegiatan 4

Sebelum Anda mengunduh contoh proposal dana bantuan, Anda mesti paham tujuan proposal bantuan dana itu untuk apa. Proposal bantuan dana pada esensinya merupakan permohonan dana dalam bentuk dokumen. Tujuan utama dari proposal bantuan dana ini yaitu agar calon penyumbang dana bersedia untuk memberikan bantuan dana segar. Namun tak hanya dana, proposal sumbangan dana ini juga dapat menjadi sarana branding ke beberapa perusahaan ataupun pihak terkait. Tentu yang namanya branding, Anda mesti memastikan bahwa jasa atau produk yang Anda tawarkan benar-benar trusted. Bahkan pada beberapa kasus, proposal juga bisa dijadikan media untuk mendapatkan perijinan. 

Secara keseluruhan, proposal bantuan dana dibuat dan dikembangkan untuk menunjukan keabsahan dari konten yang ada didalam proposal. Proposal mesti menunjukan informasi yang relevan, terutama yang berhubungan dengan acara, jasa, atau produk yang Anda tawarkan. Diharapkan dengan proposal yang berkualitas, baik itu sponsor, perusahaan, pemerintah, ataupun yang lainnya, mau meng-approve dan memberikan dana segar secepat mungkin. 

Struktur dan Contoh Proposal Bantuan Dana

Contoh Proposal Bantuan Dana untuk Berbagai Kegiatan 6

Ketika Anda melihat contoh proposal bantuan dana yang ada dalam laman ini, Anda akan menemukan bahwa proposal bantuan dana berisikan struktur yang mesti diikuti. Struktur dibuat dengan formula agar proposal terlihat rapi, baik dari segi konten maupun tulisan. Nah di bawah ini Anda akan menemukan struktur proposal bantuan dana!

  • Halaman Judul

Halaman judul berisikan judul proposal, nama lembaga donor yang dituju, nama dan alamat organisasi beserta logo, dan contact person.

  • Latar Belakang

Latar belakang berisikan konteks proposal, tujuan, dan proses.

  • Maksud dan Tujuan

Jelaskan tentang maksud dan tujuan dibalik pembuatan proposal bantuan dana. 

  • Kesimpulan dan Penganggaran

Jelaskan secara gamblang apa yang Anda inginkan dari klien. Jangan lupa untuk menyertakan rangkuman anggaran.

Contoh Proposal Bantuan Dana 1


Pesta Rakyat Kebudayaan Toraja Utara

Latar Belakang

Tongkonan Lempe adalah tempat wisata yang ada di Toraja Utara, tepatnya di Lolai, dan di beri nama “Wisata Negeri Dibatas Awan”. Tempat ini sudah tidak asing lagi di telinga, apalagi di telinga para traveller. Banyak wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara yang sudah berkunjung ke tempat wisata ini. Pihak pengelola wisata ini ‘pun menyediakan penginapan berupa rumah adat Mandao dan Resort Lempe, jadi para pengunjung bisa menginap di resort dan rumah Manado yang telah disiapkan dengan harga terjangkau. Dalam hal ini kami selaku  perusahaan Event Organizer yang profesional begerak dalam bidang jasa pelayanan jasa promosi menyeluruh di Indonesia, Naratas Production Indonesia telah memiliki berbagai pengalaman dalam mengadakan berbagai macam event.

Dengan didukung oleh konsep yang berkualitas, kami terus berusaha untuk memberikan service terbaik guna memenuhi komitmen kami dalam hal jasa pelayanan di bidang penyelenggaraan event promosi baik spesial event, counser, pameran, ataupun seminar.

Harapan kami dengan  adanya penawaran  kerjasama  ini, kami dapat menjadi mitra usaha yang terbaik bagi client kami.

Maksud dan Tujuan

  • Memberikan wadah untuk menyalurkan kreatifitas, minat dan bakat kawula muda.
  • Menyatukan musik dan budaya.
  • Memfasilitasi masyarakat akan suatu wadah hiburan
  • Menjadi barometer musik.


Kesimpulan dan Estimasi Dana

Sponsor sangatlah diharapkan, selain meramaikan event sekaligus menjadikan kegiatan ini makin bergetar dan mengena. Dalam acara Pesta Rakyat Kebudayaan Toraja, ruang promosi sponsor yang disediakan cukuplah banyak dengan manfaat sebagai sponsor antara lain:
Memperkuat imej bahwa produk atau perusahaan yang menjadi sponsor punya inovasi di setiap kegiatan.
Meningkatkan citra bahwa perusahaan memang sudah sukses dan professional.
Meraih pemasaran yang luas sebab dipromosi secara terprogram baik melalui koran media cetak maupun media elektronik. 


No Subyek Jumlah    

I Ijin Lokasi Rp. 1.000.000    
II Media Briefing Rp. 3.000.000    
III Productions Rp. 10.000.000    
IV Entertainment Rp.10.000.000    
V Rider Dan Akomodasi Artis Rp. 5.000.000    
VI Promosi Rp. 3.000.000    
VII Team Event Rp. 10.000.000    
Sub Total Budget Rp. 42.000.000  

Contoh Proposal Bantuan Dana 2

Proposal Festival Pentas Seni dan Budaya Universitas Singaperbangsa Karawang

Latar Belakang

Tak dapat dipungkiri bahwa globalisasi telah membentuk karakter-karakter mahasiswa yang kurang peka dengan kebudayaannya sendiri. Banyak mahasiswa yang kurang minat dengan nilai-nilai budaya asli Indonesia, dan lebih minat dengan nilai-nilai budaya luar yang sangat destruktif. Padahal sebagai penyalur lidah rakyat, harusnya mahasiswa menjadi barometer dalam memberdayakan seni dan kebudayaan asli Indonesia. 

Hanya segelintir mahasiswa yang mau ikut serta dalam membangun dan mengembangkan seni dan budaya lokal, baik berbentuk tarian, musik, lukisan, kuliner, dan lainnya. Tak hanya itu, sangat jarang kita temukan mahasiswa yang menggunakan batik sebagai fashion statement di kampus. Dengan masuknya konten-konten budaya asing di media sosial maupun televisi rupanya telah merubah watak mahasiswa menjadi sangat western. Tanpa adanya filter dan penyeimbang dari seni dan budaya lokal, sudah barang tentu bahwa nantinya seni budaya lokal akan benar-benar dilupakan, terutama di lingkungan akademis. 

Dengan melihat kondisi yang sangat memprihatinkan ini, sudah sekiranya kita mesti memberikan semacam dukungan untuk seni dan budaya khas Indonesia. Hal inilah yang menjadi latar belakang bagi kami mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang untuk mengadakan “Festival Pentas Seni dan Budaya Universitas Singaperbangsa Karawang”. 

Maksud dan Tujuan

Kegiatan Festival Pentas Seni dan Budaya Universitas Singaperbangsa Karawang ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:
A. Tujuan utama dari Festival Pentas Seni dan Budaya Universitas Singaperbangsa Karawang ini yaitu untuk menumbuhkan minat mahasiswa terhadap seni dan budaya asli Indonesia.
B. Untuk membangun komunitas seni dan budaya yang lebih besar di lingkungan kampus.
C. Sebagai filter dari massive-nya budaya barat di lingkungan kampus.

Kesimpulan Dan Estimasi Dana

Kegiatan Festival Pentas Seni dan Budaya Universitas Singaperbangsa Karawang ini pada dasarnya merupakan kegiatan yang sangat positif di lingkungan kampus. Oleh karena itu bagi pihak sponsor untuk memberikan bantuan dana yang akan kami gunakan sebaik mungkin. Tak hanya itu, sponsor juga bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk branding produk di lingkungan kampus.


No Subyek Jumlah    

I Ijin Lokasi Rp. 2.000.000    
II Media Briefing Rp. 3.000.000    
III Productions Rp. 15.000.000    
IV Entertainment Rp.12.000.000    
V Rider Dan Akomodasi Artis Rp. 5.000.000    
VI Promosi Rp. 5.000.000    
VII Team Event Rp. 15.000.000    
Sub Total Budget Rp. 57.000.000  

Tips Membuat Proposal Bantuan Dana

Contoh Proposal Bantuan Dana untuk Berbagai Kegiatan 8

Banyak orang yang menganggap remeh saat membuat proposal bantuan dana ini. Meskipun pada contoh proposal bantuan dana di atas terlihat mudah, namun Anda mesti memperhatikan beberapa tips berikut ini!

  • Gunakan kalimat yang jelas agar calon penyumbang dana mengerti isi proposal secara keseluruhan.
  • Gunakan format yang simpel dan rapi.
  • Pastikan Anda memasukan informasi dan data yang realistis sehingga calon penyumbang dana menganggap Anda atau organisasi Anda partner yang profesional.
  • Jangan terlalu banyak bertele-tele, pastikan Anda menggunakan konten yang paling up-to-date dan to-the-point.
  • Gunakan media pendukung seperti gambar, infografis, video, dan lainnya, agar proposal terlihat lebih menarik. 
  • Jika menggunakan grafik atau statistik, pastikan mudah untuk dimengerti.


Jika Anda ingin kegiatan yang Anda rencanakan berjalan dengan sukses, tentu Anda membutuhkan dana yang cukup. Dengan beberapa contoh proposal bantuan dana di atas, Anda tinggal menggunakan sisi kreativitas Anda untuk mengembangkan proposal bantuan dana yang lebih bagus, baik dari sisi konten, data, nominal finansial, dan lainnya. Jika Anda pikir artikel ini bermanfaat, jangan lupa share di media sosial Anda ya!

0 komentar