MEDIA PARTNER

Wednesday, September 4, 2019

Cara Terbaik Membersihkan Televisi Layar Datar

Cara Terbaik Membersihkan Televisi Layar Datar 2

Bukan rahasia lagi, kini semakin banyak orang yang menggunakan televisi layar datar atau flat-screen. Dibanding dengan TV tradisional yang memiliki bentuk cembung atau curved-screen, TV layar datar ini memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih menarik. Selain itu TV layar datar terlihat lebih simpel dan minimalis, sehingga sangat cocok untuk lifestyle modern. 

Tidak dapat dipungkiri juga, TV layar datar memang lebih mahal dibanding jenis TV lainnya. Namun hal itu berbanding lurus dengan kualitas grafis yang dimilikinya. Nah sama seperti peralatan rumah tangga lainnya, TV layar datar juga mesti dirawat dengan seksama. Berikut ini pembaca setia Gudang Konten dapat menemukan cara terbaik membersihkan televisi layar datar, selamat menyimak ya.

Cara Membersihkan Televisi Layar Datar Paling Efektif


Dibanding jenis TV lainnya yang ada di pasaran, televisi layar datar memiliki lebih banyak fitur didalamnya. Nah perlu pembaca ketahui, TV layar datar menggunakan layar liquid-crystal atau cairan kristal yang dipadatkan, sehingga layar pun menjadi semakin jernih dan presisi. Selain itu TV layar datar juga memiliki teknologi plasma dan juga cahaya latar LED, sehingga kualitas grafis dari televisi layar datar tidak perlu diragukan lagi. 

Namun berbeda dengan jenis TV yang menggunakan bahan kaca solid, TV dengan bahan liquid-crystal memerlukan perawatan yang lebih spesifik. Hal tersebut karena TV jenis ini memiliki material khusus atau lapisan yang bisa rusak jika terkena cairan pembersih tertentu.

Nah agar terhindarkan dari berbagai kerusakan pada TV flat-sreen Anda, berikut kami sajikan pembahasan mengenai cara terbaik membersihkan televisi layar datar.

Langkah-langkah Membersihkan Televisi Datar


Nah sebelum Anda memulai proyek bersih-bersih TV layar flat Anda, pastikan Anda sudah mencabut steaker TV dari stop kontak. Nah setelah itu, jauhkan televisi dari dinding dan tempatkan di tempat yang aman. Oia selain itu jika TV memiliki aksesori tambahan seperti DVD, maka keluarkan terlebih dahulu piringan DVD didalanya, pokoknya pastikan semua yang menempel pada TV agar dilepas terlebih dahulu.

Nah rahasia membersihkan televisi layar datar sebenarnya sangat simpel. Meskipun terdapat berbagai macam cairan pembersih yang dijual di pasaran, namun mayoritas ahli menyarankan agar menggunakan air bersih biasa untuk membersihkan TV layar datar tanpa perlu merusak lapisan layar. Jika TV sering terkena sidik jari maka Anda bisa menambahkan sedikit saja alkohol isopropil kedalam mangkuk berish air bersih.


Nah perlu pembaca Gudang Konten ketahui, kebanyakan cairan pembersih menggunakan alkohol isopropil, namun sebelum Anda menggunakan alkohol isopropil, ada baiknya membaca label produk yang tertera di botol. Beberapa jenis alkohol seperti etanol, tidak direkomendasikan untuk dijadikan cairan pembersih televisi layar datar.

Namun perlu pembaca ketahui, apakah Anda akan menggunakan air bersih saja atau mencampurnya dengan alkohol isopropil, jangan pernah langsung menyemprotkannya pada permukaan TV flat-screen. Nah sebaiknya Anda menggunakan kain microfiber atau kain lembut untuk mengoleskan cairan pada permukaan TV. Namun jangan terlalu basah usahakan agar porsinya seimbang: tidak terlalu basah dan tidak kering. 

Kebanyakan TV yang baru dibeli biasanya memiliki kain pembersih khusus, Anda bisa mengeceknya pada box kardus pembelian. Oia Anda juga bisa menggunakan kain pembersih khusus kaca mata atau kamera lensa untuk membersihkan televisi layar datar ini. Nah setelah itu seka kain pada permukaan layar secara perlahan-lahan dan lembut, oia Anda juga bisa agak menekannya (jangan terlalu keras) untuk menghilangkan debu dan partikel lainnya yang menempel pada permukaan TV.

Jangan pernah menekan permukaan TV flat-screen dengan keras karena dapat mengakibatkan kerusakan pada piksel TV atau bahkan kerusakan permanen. Setelah Anda beres membersihkan layar TV flat-screen, Anda bisa mengelap layar dengan kain kering. Jangan pernah gunakan kain yang kotor, karena partikel kotoran akan menempel pada layar dan bisa menyebabkan goresan. 

Jangan gunakan handuk kasar untuk membersihkan TV flat-screen ini karena bisa menggores permukaan layar, jadi berhati-hatilah! Nah itulah cara terbaik membersihkan televisi layar datar, semoga bermanfaat ya.

Nah itulah cara terbaik membersihkan televisi layar datar, semoga dapat membantu ya!


0 komentar