MEDIA PARTNER

Wednesday, September 4, 2019

Cara Tepat Membersihkan Dinding Rumah

Cara Tepat Membersihkan Dinding Rumah 2

Hallo sahabat Gudang Konten, apakabar? Semangat selalu ya, kali ini Anda dapat menemukan cara tepat membersihkan dinding. Yap meskipun terdengar seperti hal yang mudah, namun perawatan yang tepat dapat membuat kondisi dinding menjadi lebih awet dan selalu bersih. 

Panduan Membersihkan Dinding Rumah Paling Tepat


Setiap homeowner pasti menginginkan dinding yang selalu bersih, namun karena dinding memiliki permukaan yang sangat luas, biasanya pemilik rumah malas untuk membersihkannya. Yap faktor malas tersebut harus dihilangkan, karena dinding yang bersih merepresentasikan karaker dari pemilik rumah. 

Pada dasarnya permukaan dinding sangat mudah dibersihkan. Namun karena lebarnya yang begitu luas, membuat banyak orang lebih memilih menggunakan jasa cleaning service. Secara umum, dinding biasanya dicat dengan cat alkid dan latex. Keduanya tidak terlalu anti cairan eksternal, jadi Anda bisa menggunakan sabun pembersih all-purpose atau detergen. 

Nah berbeda dengan langit-langit, dinding harus dibersihkan secara rutin karena renta terkena sidik jari, noda, dan juga debu. Nah untuk panduan lengkapnya, berikut pembaca dapat menemukan cara tepat membersihkan dinding rumah.

Bilas Terlebih Dahulu

Langkah pertama, tentunya Anda bisa membilas seluruh permukaan dinding dengan air, pastikan semua area terkena dengan cipratan air ya.

Gunakan Cairan Spirtus Atau Cuka

Nah jika ada noda bekas pensil warna, Anda bisa menggunakan cairan spirtus atau cuka. Nah gosok-gosok bekas pensil warna tersebut dengan menggunakan spon atau kain agak tebal. Nah untuk menghilangkan bekas gosokan, Anda bisa menyiramkan air hangat pada permukaan dinding yang baru dibersihkan.

Gunakan Setrika untuk Mencabut Selotip

Nah jika ada bekas plester atau selotip, ada cara paling tepat dalam membersihkannya. Biasanya banyak orang yang akan mencabut secara lansung selotip yang menempel pada permukaan dinding, dan akhirnya cat pun terkelupas. Yap untuk menghindari hal ini, gunakan setrika, dan setting hingga permukaannya logamnya hangat. 

Cabut setrika pada colokan listrik, lalu tempelkan pada selotip yang menempel pada permukaan dinding. Jangan terlalu lama, lalu lepaskan perlahan-lahan selotip tersebut hingga tak menimbulkan bekas pada permukaan dinding. Oia agar bekasnya tidak kelihatan, gunakan air hangat untuk mengelapnya.

Bersihkan dengan Sabun

Jika ada noda, bersihkan dengan sabun dan gosok-gosok hingga bersih. Oia gunakan spon atau kain yang lembut ya, jangan pernah gunakan sikat kawat karena bisa merusak permukaan dinding, sehingga cepat terkelupas nantinya.

Gunakan Stoking Nilon untuk Membersihkan Permukaan Tak Rata

Jika permukaan dinding memiliki tekstur atau tidak rata, sebaiknya jangan gunakan spon atau kain dalam membersihkannya. Anda bisa menggunakan stoking nilon agar permukaan dinding bersih sempurna. Oia stoking nilon ini dapat dengan mudah masuk kedalam celah sehingga cocok digunakan untuk membersihkan dinding bertekstur.

Gunakan Air Cuka atau Ampelas untuk Bekas Roko

Jika ada noda yang disebabkan karena asap rokok atau asap lainnya, Anda bisa menggunakan cairan cuka dan gosok-gosok dengan menggunakan ampelas. Oia jangan terlalu kasar ya menggosok-gosoknya, usahakan perlahan-lahan hingga bekas noda hilang sempurna. 

Ramuan Pembersih Dinding Rumah


Nah itulah panduan dalam membersihkan dinding rumah, bagaimana mudah bukan? O ya, sahabat Gudang Konten juga bisa menggunakan ramuan khusus berikut ini!

Bahan-bahan:

  • Cuka, ½ cangkir
  • Baking soda, ¼ cangkir
  • Amonia, 1 cangkir
  • Air hangat, 1 galon


Catatan: Gunakan sapu tangan dan juga masker dalam membuat formula ini.

Metode: 

Anda tinggal menyampurkan semua bahan di atas, lalu bilaskan pada permukaan dinding. Formula diatas dapat membuat dinding terbebas dari kuman dan bakteri. 

Nah jika dinding rumah memiliki material metal, Anda bisa menggunakan kain yang dibasahi dengan air yang telah diberi detergen. Nah jika dinding rumah menggunakan lapisan kaca, maka Anda bisa menggunakan tisu kertas untuk membersihkan dinding kaca tersebut. Namun jika tidak ada tisu kertas, Anda juga bisa menggunakan koran bekas. 

Nah itulah sekelumit pembahasan mengenai cara tepat membersihkan dinding rumah. Meskipun jarang terkena noda dan kotoran, namun dinding juga mesti dirawat secara rutin. 

0 komentar