MEDIA PARTNER

Wednesday, July 17, 2019

Barang Paling Jorok di Rumah dan Cara Membersihkannya

Barang Paling Jorok di Rumah dan Cara Membersihkannya 2
Barang Paling Jorok di Rumah

Pasti Anda sering mendengar quote ‘rumahku adalah surgaku’, namun jika kondisi rumah dalam keadaan tak terawat dan dipenuhi dengan kotoran, masihkah Anda menyebut rumah dengan sebutan surga? Memang terdengar naif, namun rumah yang bersih dapat berimbas pada kesehatan psikologis penggunanya. O ya, kali ini Gudang Konten ingin share artikel mengenai beberapa barang paling jorok di rumah dan cara membersihkannya. 

Barang Paling Jorok di Rumah 


Beberapa item barang yang ada di di rumah lebih berpotensi mengumpulkan lebih banyak kuman dibanding item lainnya. Jadi pastikan rumah Anda selalu dalam keadaan bersih ya,  oiya selamat menyimak artikel spesial mengenai barang paling jorok di rumah berikut ini ya.

Wastafel


Salah satu area paling jorok di rumah adalah wastafel. Yap wastafel ini sering digunakan untuk mencuci piring, gelas, panci dan lain-lain. Tidak hanya itu, wastafel juga digunakan sebagai sumber air. Wastafel ini digunakan secara rutin oleh pemilik rumah untuk membersihkan peralatan makan. 

Banyak orang terkadang menyangka wastafel tidak perlu dibersihkan karena sering terkena cipratan air, namun nyatanya kotoran yang terus menerus dibersihkan akan menempel pada area wastafel. Jadi level kejorokannya bisa lebih tinggi daripada toilet. Bakteri yang paling sering menempel di wastafel adalah salmonella dan E.Coli, dan kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit berbahaya.  Berikut beberapa tips membersihkan wastafel:
  • Jangan hanya menggunakan air untuk membersihkan wastafel, namun bersihkan juga dengan cairan disinfectant.
  • Lakukan perawatan khusus sekali dalam sehari.
  • Jangan lupa untuk mengganti spon, sikat, lap secara berkala.


Remot TV


Banyak pengguna rumah yang tidak sadar bahwa barang yang paling banyak menimbun kuman adalah remot TV. Yap remot TV dipegang oleh banyak orang, disimpan di lantai, diduduki kucing dan lain-lain, sehingga bakteri berkumpul disana semua. Banyak orang menyangka bahwa remot TV yang mereka miliki bersih karena ukurannya kecil, padahal pada remot TV lah sumber datangnya bakteri penyebab penyakit. 

Cara membersihkan cukup mudah, gunakan tisu lalu celupkan pada cairan alkohol, nah setelah itu bersihkan remot TV dengan menggunakan tisu tersebut. Lakukan cara ini secara berkala, dan jangan lupa untuk selalu menggunakan cairan antiseptik tangan sehabis menonton TV.

Keyboard PC atau Laptop


Sama seperti remot TV, keyboard PC atau laptop merupakan barang yang paling rentan terkena invasi bakteri. Bakteri bisa muncul telapak tangan pengguna, apalagi jika digunakan oleh banyak orang. Selain itu terkadang pengguna menjatuhkan makanan pada keyboard, sehingga munculah kuman pada keyboard. 

Jika dilihat sekilas memang keyboard PC atau laptop terlihat bersih-bersih saja, namun nyatanya kuman dan bakteri berkumpul disana semua. Jadi jangan remehkan keyboard yang terlihat bersih, karena jika Anda tak membersihkannya, bakteri tetap akan berkembang biak disana. Cara membersihkannya sangat mudah, tinggal lap dengan menggunakan tisu yang memiliki kadar alkohol. O ya, sebaiknya Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan keyboard PC atau laptop.

Bak Mandi Rendam


Nah barang selanjutnya yang sangat rentan terkena bakteri adalah bak mandi rendam atau bathtub. Pengguna biasanya berendam dalam keadaan penuh kotoran, yap meskipun menggunakan sabun, namun tidak seluruh area bathtub yang terkena semprotan sabun. Selain itu biasanya pengguna menggunakan air hangat untuk mandi, dan air hangat ini bisa menjadi pendorong munculnya bakteri. 

Nah agar bathtub selalu dalam keadaan higienis, pastikan Anda membersihkannya dengan deterjen khusus setelah Anda mandi. O ya, Anda juga bisa menggunakan cairan bleaching untuk membersihkan bak mandi rendam ini, lakukan paling tidak 3 hari sekali.

Sikat Gigi


Pernah Anda menyangka bahwa sikat gigi merupakan salah satu barang yang paling jorok? Kebanyakan orang menyangka bahwa sikat gigi yang mereka pakai selalu dalam keadaan bersih, terutama karena sering terkena pasta gigi. Bakteri tidak hanya bersumber dari mulut, namun juga kondisi kamar mandi. 

Yap untuk menjaga agar Anda terhindar dari paparan bakteri, ganti sikat gigi secara rutin, paling tidak 2 minggu sekali. O ya, sebaiknya Anda tidak menyimpan sikat gigi berdekatan dengan toilet ya.

Nah itulah beberapa barang paling jorok di rumah dan cara membersihkannya, semoga bermanfaat ya!

0 komentar