MEDIA PARTNER

Monday, May 20, 2019

Trik Meningkatkan Penjualan Toko Online Hingga 500%

Trik Meningkatkan Penjualan Toko Online Hingga 500%
Trik Meningkatkan Penjualan Toko Online

Jika dahulu kita mengenal adanya sebutan era waralaba hanya untuk menunjukan banyaknya orang yang berkecimpung di bisnis waralaba, maka hari ini era tersebut telah tergusur oleh era E-commerce. Semakin banyak orang yang tadinya hanya memiliki toko fisik saja kini beralih kepada toko online. Nah di bawah ini Anda akan menemukan trik meningkatkan penjualan toko online hingga 500%.

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Hingga Berkali-kali Lipat

Meningkatkan Penjualan Toko Online Hingga Berkali-kali Lipat

Toko online memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan hanya menjual produk lewat toko fisik saja, salah satunya adalah networking, dimana Anda bisa menjual produk kemanapun Anda mau. Namun masalahnya adalah untuk sukses di dunia online shop sangat membutuhkan kerja keras dan juga kesabaran. Jika Anda ingin melesatkan penjualan toko online Anda, berikut beberapa cara meningkatkan penjualan toko online hingga berkali-kali lipat.

Meminimalkan Presentasi Produk di Toko Online


Memang terdengar aneh, bagaimana bisa meningkatkan penjualan toko online tapi mengurangi presentasi produk di toko online? Namun memang faktanya seperti itu, manusia cenderung akan kebingungan membeli, saat terlalu banyak produk yang ditawarkan. 

Psikolog, Jim Rohn, mengatakan bahwa jika seseorang sangat ingin sesuatu, ia pasti akan menemukan cara, sebaliknya jika tidak, ia akan keluar. Terlalu banyak produk hanya membuat orang bingung hingga akhirnya tidak menemukan sesuatu yang disukainya, berbeda jika Anda hanya menyajikan beberapa item saja di toko online Anda, rasa suka tersebut akan muncul lebih banyak lagi.

Rampingkan Bukan Hilangkan


Trik meningkatkan penjualan toko online selanjutnya yaitu rampingkan bukan hilangkan. Jangan Anda pikir bahwa dengan meminimalkan presentasi berarti menghilangkan produk-produk di situs Anda. Pastikan bahwa beberapa item utama Anda terpampang jelas di homepage. Setelah semuanya laku, maka segera ganti item yang terjual dengan produk-produk terbaru. 

Ketahui Lokasi Terbaik Dalam Menempatkan Produk Anda


Setelah Anda tahu harus meminimalkan produk-produk yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah menempatkannya di lokasi yang tepat di toko online Anda. Menu navigasi bisa menjadi area ideal untuk penempatan item-item pilihan Anda. 

Lewat menu navigasi ini, pengunjung akan lebih mudah dipandu untuk menemukan produk yang mereka cari. Selain menu navigasi, lokasi terbaik lainnya untuk menempatkan produk adalah di produk terpopuler atau terbaru. Dengan cara ini, produk-produk pilihan Anda akan dengan mudah diketahui oleh banyak orang, tentunya dengan kualitas dari produk tersebut.

Namun jangan sampai bermain-main di area terpopuler dan terbaru ini karena jika Anda memamerkan seluruh produk di kedua area tersebut, maka efek populer dan kebaruan pun akan hilang. Seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda harus selektif dalam memilih produk-produk tertentu. 

Baru setelah produk-produk tersebut laris manis baru Anda bisa menggantinya. Selain di area terpopuler ataupun terbaik, produk-produk pilihan Anda juga bisa ditempatkan di area related/recommended product di setiap halaman produk. Hal tersebut untuk semakin menguatkan kemungkinan penjualan terhadap produk-produk pilihan Anda.

Jangan Jual Produk Yang Tidak Dibutuhkan Banyak Orang


Trik-trik diatas tidak akan berhasil jika Anda tidak mengetahui produk-produk apa saja yang dibutuhkan banyak orang. Disinilah kemampuan intuisi dan juga analisa Anda bermain. Semakin Anda mampu memahami keinginan banyak orang, maka semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan keuntungan, tentunya dengan penjualan produk-produk tertarget di toko online Anda. Selalu lakukan analisa dan validasi pasar agar produk-produk toko online Anda laku di pasaran.

Tips Launching Toko Online agar Sukses

Di era digitial seperti sekarang, berbondong-bondong orang memindahkan media bisnis mereka menjadi online-based. Banyak faktor yang menyebabkan banyak pebinis memilih dunia maya sebagai ladang untuk mencari keuntungan. Salah satu yang paling kentara yaitu minimnya modal untuk operasional usaha. Minimnya modal ini tentunya dibarengi dengan mudahnya orang membuat toko online, baik berbayar maupun gratis. 

Namun meskipun sudah memiliki konsep yang matang, banyak orang yang bingung bagaimana caranya bisnis usaha mereka bisa stand-out di masa-masa awal. Salah satu solusinya tentu dengan melakukan strategi launching brand bisnis. Nah langkah-langkah apa saja kira-kira yang harus dilakukan saat memutuskan untuk melakukan launching produk? Temukan jawabannya dalam tips launching toko online agar sukses di bawah ini.

Launching Bisnis Online Shop


Menjamurnya e-commerce tentunya juga disebabkan karena adanya perubahan lifestyle banyak orang. Kini orang tidak perlu berlelah-lelah untuk membeli barang di mall, cukup berselancar di beberapa toko online, lakukan order payment, dan barang pun meluncur ke rumah. Inilah yang membuat banyak pebisnis memilih toko online sebagai ceruk bisnis utama. 

Saat memutuskan untuk membangun toko online dari 0, banyak hal yang mesti dipikirkan, salah satunya yaitu launching brand bisnis. Hal ini bisa sangat membingungkan, karena banyak sekali keputusan yang harus dibuat. Untuk memandu Anda yang ingin launching toko online kehadapan publik, berikut kami berikan beberapa strateginya.

Bangun Dulu Toko Online Sesempurna Mungkin dari Awal


Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan launching brand toko online pada publik, pastikan Anda sudah memiliki toko online yang sempurna (minimal sudah memenuhi kaidah toko online yang baik dan benar). Jika Anda tidak mampu untuk membayar seorang programmer profesional, maka Anda bisa membuat toko online dari situs-situs penyedia layanan pembuatan toko online.

Setelah itu pastikan produk-produk yang Anda miliki ter-upload dengan baik dan rapi. Karena online-based, Anda bisa mengisi toko online Anda dengan konten-konten menarik dan juga promo-promo menarik didalamnya.

Launching Sesegera Mungkin

Jika toko online yang Anda miliki sudah memenuhi spesifikasi toko online profesional, maka jangan ragu lagi untuk segera merilisnya ke pasar. Anda pasti bertanya, mengapa harus terburu-buru? Jawabannya sangat simpel yaitu untuk mencari tahu kemauan konsumen secepat mungkin. 

Semakin cepat Anda me-launching toko online, maka semakin cepat Anda mampu menganalisa pasar. Selain itu, cara ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan interaksi dengan banyak konsumen. Ingat, semakin cepat Anda dipercaya konsumen, maka semakin cepat keuntungan yang akan didapat. 

Lakukan Sendiri

Strategi lainnya yang harus Anda catat yaitu lakukan proses launching sendirian saja, at least berdua dengan istri atau teman. Sebagai catatan, cara ini hanya berlaku bagi toko online yang memiliki modal kecil. Mengapa seperti itu? Jawabannya juga sangat simpel, sebagai startup, Anda belum tahu mengenai manajemen sebuah bisnis, sehingga sangat beresiko jika Anda harus mengeluarkan dana untuk meng-hire banyak orang. 

Selain itu cara ini juga dapat menjadi pengalaman berharga bagi Anda di masa depan. Jika modal Anda minim, lakukan launching pada followers Anda di sosial media. Jika Anda punya dana lebih, gunakan layanan iklan yang ada di sosial media tersebut. Setelah ada sales, Anda bisa melakukan proses promosi secara berkelanjutan, hingga bisa didapatkan jumlah konsumen yang stabil.

Promosi Berkelanjutan

Perlu Anda ketahui, toko online yang masih dalam tahap startup membutuhkan waktu dan tenaga ekstra agar bisa diterima banyak orang. Oleh karena itu sangat penting melakukan promosi yang berkelanjutan. Pada bulan pertama, Anda bisa mempromosikan toko online Anda yang masih dasar. Pada bulan kedua, tambahkan produk dan juga konten-konten menarik didalamnya. Bulan ke 3 hingga 6, marketkan toko online Anda hingga mampu memiliki konsumen dan penjualan yang stabil.

Nah itulah beberapa trik meningkatkan penjualan toko online hingga 500%. Selain beberapa tips diatas, pastikan Anda juga untuk selalu open-minded. Buka wawasan Anda mengenai berbagai trend toko online, jangan malas-malas untuk melakukan eksplorasi jika ingin sukses secepat kilat!


0 komentar