MEDIA PARTNER

Friday, May 31, 2019

Perbedaan Kamera Canon EOS 70D dan Canon EOS 80D


Canon memang selalu memberikan kejutan pada konsumennya terutama dengan hadirnya Canon EOS 70D. EOS 70D merupakan flagship dari Canon yang ditujukan untuk segmen semi pro. Namun pada tahun tahun 2016, Canon kembali meluncurkan flagshipnya yaitu Canon EOS 80D, sebuah device yang ditujukan untuk memperbaharui berbagai fitur yang tadinya berada di Canon EOS 70D. Berikut ini kami akan membahas perbedaan kamera Canon EOS 70D dan Canon EOS 80D.


Kemunculan EOS 80D semakin menancapakan nama Canon di market kamera dunia. Banyak orang yang sudah ‘dipuaskan’ dengan hadirnya Canon EOS 70D beberapa tahun silam, terutama untuk segmen APSC enthusiast. Namun Canon semakin memanjakan segmen middle low-end dengan Canon EOS 8OD. Lalu apa saja sich perbedaannya, berikut beberapa perbedaan kamera Canon EOS 70D dengan Canon EOS 80D.

Ulasan Kamera Canon EOS 70D dan Canon EOS 80D

Canon EOS 70D sebenarnya sudah memuaskan banyak fotografer dengan 19 titik fokus yang mampu menghasilkan foto yang presisi. Namun Canon semakin meningkatkan performa dalam produk terbarunya yaitu Canon EOS 80D dengan 45 titik fokus sehingga hasil foto pun semakin jernih, bahkan saat memotret di tempat gelap sekalipun. Sedangkan untuk resolusi, terjadi peningkatan tajam dari EOS 70D ke EOS 80D. EOS 80D mempunyai resolusi 24MP yang tadinya 20MP pada EOS 70D. Dengan peningkatan tajam tersebut, EOS 80D dipastikan sejajar dengan produk-produk semi pro lainnya seperti Sony A6300.
Canon EOS 80D memiliki viewfinder coverage yang lebih luas, sehingga EOS 80D mampu memotret landscape lebar sekalipun. Karena ditujukan sebagai update dari seri sebelumnya, EOS 80D juga sangat mumpuni pada saat pemotretan live view sehingga fotografer paling newbi sekalipun dapat menangkap subjek bergerak dengan tepat. Fitur yang berguna untuk live view tersebut adalah Dual Pixel AF yang sangat berguna untuk fotografi modern. Selain itu terdapat juga update dalam hal pemrosesan gambar, EOS 80D mempunyai fitur DIGIC 6 yang dapat dimanfaatkan fotografer untuk memotret subjek secara beruntun dan memiliki rate speed 6 frame/s.
           
Sepintas tidak ada update sama sekali dalam desain body luar, namun jika ditilik terlihat adanya perubaan mendetail seperti dibagian port samping, tuas video, roda dial dan lainnya. Di bagian belakang EOS 80D, anda dapat menemukan LCD touchscreen 3 inci dengan fleksibilitas layar, sehingga anda dapat memutar layar hingga 360o.  Selain itu EOS 80D terus meningkatkan performanya terutama dengan adanya fitur-fitur seperti WiFi,  NFC, GPS, port headphone, mode HDR dan lain-lainnya. Spesialnya lagi, EOS 80D sudah dibekali dengan kemampuan recording 2x frame rate normal. 
Reformasi juga terjadi pada bagian bodi dimana Canon EOS 80D kini semakin nyaman dipegang dan digunakan,  terutama dengan adanya penambahan kedalam kontour grip dari bodi kamera. Perbedaanya cuma sedikit, namun perbedaanya bisa semakin kentara saat Anda menggenggamnya dengan berdiri, Canon 80D terasa lebih nyaman terutama untuk pemakaian lama.  

Untuk urusan lensa, baik Canon EOS 70D maupun Canon 80D masih menggunakan lensa EF/EF-S  dan available untuk 263 lensa tambahan dari lensa lainnya.  Hal menarik lainnya adalah keduanya tidak memiliki sensor yang berbasiskan stabilisasi gambar sehingga anda harus membeli lensa tambahan dengan fitur Optical Stabilization. 
Berat dari kamera juga biasanya menjadi salah satu faktor penentu saat membeli sebuah kamera. Canon 80D lebih ringan 25g daripada Canon 70D, namun berat tersebut pastinya tidak terlalu signifikan tentunya. Berat bukanlah satu-satunya faktor untuk menentukan sebuah kamera, port lensa juga sangat berpengaruh khususnya jika dibandingkan dengan berat kamera secara keseluruhan. Karena Canon 70D dan Canon 80D memiliki ukuran sensor yang sama, lensa dari keduanya dari segi ukuran dan jarak memiliki kesamaan. Lensa tambahan yang cocok dengan kamera juga salah satu faktor penentu dalam memilih kamera. Baik Canon 70D maupun Canon 80D memiliki port lensa yang sama yaitu EF/EF-S dan kompatibel dengan 263 lensa tambahan (native lens). 
Salah satu aspek lainnya adalah ketersediaan stabilisasi gambar. Kabar buruknya adalah dari keduanya tidak memiliki sensor yang berbasiskan stabilisasi gambar (image stabilization) sehingga Anda perlu untuk membeli lensa dengan fitur Optical stabilization. Sebagai informasi, terdapat 80 lensa dengan fitur stabilisasi gambar untuk port kamera Canon. Canon 70D pernah sangat booming karena performa 19 titik fokus AF system yang dimilikinya dan sesaat setelah Canon 80D diluncurkan, orang-orang semakin terkejut karena Canon semakin meningkatkannya menjadi 45 titik fokus. Sistem AF ini juga bisa berfungsi baik dengan -3EV sehingga akan menghasilkan performa yang cukup kuat terutama saat pada malam hari ketika cahaya rembulan bersinar.

Kabar baiknya lagi, dari semua teknologi mirror box paling canggih dari Canon kini disematkan pada Canon EOS 80D, terutama lewat fitur CAM untuk mereduksi momen gelap. Teknologi mirror-flipping memang telah tersedia di kamera-kamera Canon terbaru dan Anda bisa memanfaatkanya di kamera Canon ini. Dibagian prosesor juga terdapat perbaikan, teknologi DIGIC 6 bisa ditemukan di jantung dari Canon EOS 80D (bandingkan dengan Canon EOS 70D yang memakai DIGIC 5). Segala hal yang berada dalam Canon EOS 0D seharusnya memang berfungsi dengan lebih cepat daripada pendahulunya tersebut. 
Meskipun keduanya memiliki konektifitas Wi-Fi untuk operasi jarak jauh ataupun image-sharing namun Canon EOS 80D memiliki satu fitur tambahan yaitu konektifitas NFC. Jadi Anda bisa mengirimkan gambar dari Canon EOS 80D menuju ponsel Android ataupun iPhone Anda dengan mudah. Hal ini sangat bermanfaat, agar foto-foto hasil jepretan Anda bisa langsung di share tanpa harus ribet. 

Canon EOS 80D juga memiliki peningkatan dalam hal buffering pada foto yang dihasilkannya, perlu diketahui semakin besar buffer maka semakin mudah Anda dalam memotret gambar yang ideal. 

Kesimpulan

Berbagai update telah ditransformasikan Canon pada kamera terbarunya yaitu Canon EOS 80D. Dengan berbagai tambahan fitur, EOS 80D sangat recommended bagi anda yang menginginkan kamera DSLR berkualitas. EOS 80D dibandrol 15 jutaan sedangkan pendahulunya yaitu EOS 70D adalah 12,5 jutaan.  Bagi anda yang sedang mencari kamera DSLR, EOS 80D bisa menjadi pilihan terbaik karena kamera ini bisa jadi merupakan kamera DSLR terbaik dewasa ini. Menawarkan berbagai fitur canggih terutama untuk keperluan video shooting. Untuk urusan tampilan, secara keseluruhan EOS 80D ini tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya yaitu EOS 70D.

Anda mungkin telah memiliki keputusan tentang kamera mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki,  namun setelah Anda membaca perbandingan dari Canon EOS 70D dengan Canon EOS 80D diatas, pastinya Anda memiliki gambaran kamera mana yang paling cocok dengan Anda. Sudah pasti bahwa pemenangnya adalah Canon EOS 80D karena dari keseluruhan kriteria dan spesifikasi dari kamera, Canon EOS 80D lah yang paling unggul.  Canon EOS 80D memiliki kualitas gambar yang lebih baik, lebih banyak fitur, bodi yang semakin ringan dan pastinya fitur-fitur tersebut sesuai dengan harganya. Nah itulah perbedaan kamera Canon EOS 70D dan Canon EOS 80D, semoga bermanfaat ya!

0 komentar