MEDIA PARTNER

Thursday, May 30, 2019

Peluang Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa - Bisnis Usaha Mahasiswa Terbaru

Peluang Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa
Peluang Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa

Berbagai ide usaha bisa direalisasikan saat masih menjadi mahasiswa ataupun pelajar. Dewasa ini, banyak mahasiwa atau pelajar yang memiliki mindset entrepreneur sehingga bisa sukses menjalankan ide usahanya tanpa mengganggu aktivitas belajarnya. Nah berikut ini Anda bisa menemukan peluang bisnis terbaik untuk mahasiswa!

Ide Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa


Banyak sekali mahasiswa yang berhasil dengan bisnis usahanya. Sebut saja Yasa Singgih yang berhasil dengan startup Men’s Republiknya atau juga Theresia Deka Putri dengan ide usaha kopi luwaknya. Kesuksesan mereka memang bukanlah barang instan, melainkan lewat kerja keras dan kerja cerdas yang menjadikan mereka bisa sesukses seperti sekarang. Jika Anda seorang mahasiswa atau pelajar yang ingin memulai startup ide usaha Anda, maka Anda berada ditempat yang tepat. Berikut beberapa peluang bisnis usaha paling pas untuk mahasiswa atau pelajar. 

Binis Online


Apabila pembaca adalah seorang mahasiwa atau pelajar yang memiliki banyak waktu luang, maka peluang bisnis yang paling pas adalah dengan memulai bisnis online. Bisnis online ini sejatinya memang dikhususkan bagi mereka yang memiliki waktu luang. Berbagai ide usaha online bisa Anda lakukan seperti memulai bisnis usaha resseler dengan menjual produk milik orang lain, atau bisa juga berbisnis affiliate yang juga menawarkan produk milik orang lain, atau mungkin bagi Anda yang suka menulis bisa memulai usaha jasa kepenulisan. Internet merupakan ‘kolam raksasa’ dan Anda bisa menemukan berbagai kesempatan bisnis disana.

Ide-ide usaha online untuk mahasiswa atau pelajar:
  • Dropship atau resseler
  • Affiliate
  • Toko online fashion
  • Kerajinan tangan
  • Jasa perawatan hewan peliharaan
  • Penulis
  • Blogging
  • Desain website
  • Youtuber
  • dll.


Bisnis Kuliner


Bisnis kuliner merupakan ceruk bisnis yang tak pernah sepi dan selalu dibutuhkan banyak orang. Jika Anda adalah seorang mahasiswa atau pelajar, maka Anda bisa memulai ide usaha kuliner Anda dengan modal kecil. Namun perlu diingat bahwa untuk sukses, Anda memerlukan ide usaha fresh dan unik untuk produk Anda. Sebut saja Riezka Rahmatiana yang berhasil dengan perusahaan JustMine nya, ia berhasil menjual makananan tradisional Es Pisang Ijo. Atau Anda juga bisa menilik Reza Murhaliman, yang sukses mengaplikasikan ide usahanya saat kuliah dengan produk keripik Ma Icih nya. 

Semuanya berani membuat sebuah produk yang berbeda dengan yang lainnya. Jika Anda memiliki modal kecil jangan takut untuk membuat produk yang unik seperti yang Riezka dan Reza lakukan. Anda juga bisa bergelut di bidang franchise atau waralaba, namun agar lebih efektif, realisasikan berbagai ide usaha dengan teman-teman sebaya Anda untuk merealisasikannya.

Ide-ide usaha bisnis kuliner untuk mahasiswa atau pelajar:
  • Minuman atau makanan tradisional dengan kemasan modern.
  • Minuman atau makanan yang unik dan baru.
  • Bisnis katering makanan.
  • Makanan khusus anak-anak.
  • Bisnis franchise.


Bisnis Kursus Privat


Salah satu ide bisnis paling pas untuk mahasiswa atau pelajar adalah dengan memulai bisnis kursus privat. Yang membuat ide usaha bimbingan belajar ini cocok untuk mahasiswa atau pelajar ini adalah karena bisnis usaha ini tidak memerlukan modal untuk merealisasikannya. Jika Anda adalah seorang mahasiswa sastra bahasa Inggris, jangan ragu untuk memulai ide usaha bimbingan kursus.

Anda bisa memulainya di rumah dengan target market tetangga Anda sendiri. Atau jika Anda memiliki sedikit dana bisa membuat situs mini yang berisikan profil ide-ide usaha kursus privat Anda. Agar lebih efektif, lakukan bisnis ide usaha kursus privat ini dengan teman-teman Anda.

Peluang Bisnis Toko Online Lewat Tokopedia


Banyak mahasiswa yang ingin memulai bisnis online namun bingung harus memulainya dari mana. Salah satu celah bisnis online yang paling potensial adalah dengan membuka toko online lewat Tokopedia. Tokopedia merupakan mall online terbesar di Indonesia dan Anda bisa membuka lapak online gratis di Tokopedia. Peluang untuk bisa sukses dengan membuka toko online di Tokopedia sangatlah besar. 

Sebut saja seperti Dina Sri Agustin yang berhasil sukses lewat Tokopedia dengan menjual produk wall sticker. Untuk memandu Anda mengenai apa saja keuntungan membuka toko online lewat Tokopedia, berikut kami sertakan ulasan peluang bisnis online lewat Tokopedia.

Peluang bisnis online memang sangat banyak, namun tidak semuanya yang mudah untuk direalisasikan oleh Mahasiswa. Berbeda jika Anda mencoba peruntungan lewat Tokopedia, semuanya sangat mudah untuk direalisasikan. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan berbisnis online lewat Tokopedia:
  • Anda tidak perlu membayar registrasi apapun untuk berjualan di Tokopedia. 
  • Anda juga tidak perlu membeli domain ataupun membayar jasa pembuatan online shop, karena setelah Anda registrasi di Tokopedia maka Anda sudah mempuyai domain sendiri dan juga toko online sendiri. 
  • Pengaturan berbagai informasi sangatlah mudah, bahkan bagi pemula sekalipun.
  • Metode pembayaran menggunakan sistem rekber, jadi lebih terpercaya dan aman.
  • Metode pembayaran sangat komplit seperti Mandiri e-Cash, Klik BCA, Kartu Kredit, Saldo Tokopedia, Transfer Bank dan yang terbaru bisa melalui Indomaret.
  • Tokopedia merupakan market online terbesar di Indonesia, sehingga banyak penjual grosir yang bisa Anda manfaatkan untuk toko online Anda.
  • Selain itu karena sudah sangat populer, kegiatan promosipun jadi lebih mudah dan cepat.


Kisah Sukses Penggiat Bisnis Online Lewat Tokopedia

Salah satu toppers (sebutan bagi penggiat bisnis online lewat Tokopedia) adalah Dina Agustin. Dina awalnya adalah seorang pekerja kantoran namun memilih resign karena merasa lingkungan kantor sangat stagnan dan kaku. Awalnya Dina mencoba peruntungan di dunia MLM, namun ternyata harus mengalami kegagalan. Lalu ia memutuskan untuk berjualan pulsa, namun ternyata penghasilannya terlalu kecil dan tidak mampu menutupi kebutuhannya. Lalu setelah harapan sudah semakin redup, muncul adik iparnya yang menawarkan wall sticker untuk dijual. 

Lalu Dina mencari informasi mengenai pembuatan toko online hingga akhirnya ia memilih Tokopedia sebagai platform toko onlinenya. Hanya dalam kurun waktu 3 bulan setelah ia registrasi di Tokopedia, Dina untuk pertama kalinya bisa kredit mobil. Kini jangan ditanya, penghasilannya sudah mencapai puluhan juta rupiah dan menjadikannya sebagai top seller di Tokopedia.

Atau Anda juga bisa menilik kisah sukses dari Anindha Maharani Alboneh yang berhasil sukses lewat Tokopedia. Anindha berhasil meraup puluhan juta rupiah lewat toko onlinenya padahal statusnya masih mahasiswa. Anindha berhasil menjual produk-produk pakaian muslim lewat brand ‘Bonnehouse Wholesale’. Perjalanan Anindha untuk bisa sukses lewat Tokopedia tidaklah mudah, namun Anindha memberikan resep kunci yaitu carilah barang yang tidak terlalu umum sehingga tidak terlalu banyak kompetitor saat berjualan lewat Tokopedia. 

Peluang Bisnis Penulis Paruh Waktu untuk Mahasiswa


Jika Anda kebetulan merupakan mahasiswa dengan tipe writing addiction (kecanduan menulis) atau ingin mendapatkan penghasilan tambahan maka cobalah menjadi penulis paruh waktu. Ide usaha freelance writer memang sangat identik dengan orang pintar, cerdas dan suka dengan ilmu pengetahuan, namun faktanya bukan hanya hal-hal itu yang membuat seseorang menjadi seorang penulis. 

Menulis adalah tentang kebiasaan sehingga terbentuk pola yang stabil dalam kegiatan menulis. Oleh karena itu siapapun bisa menjadi penulis paruh asal mau belajar dan disiplin. Peluang bisnis penulis paruh waktu ini sangat potensial karena banyak perusahaan yang membutuhkan banyak konten-konten berkualitas untuk perusahaanya. Berikut ini adalah beberapa ide usaha penulis paruh waktu bagi mahasiswa.

Jasa Penulisan Artikel

Salah satu ceruk bisnis yang bisa mahasiswa ambil secara part-time adalah jasa penulisan artikel. Mengapa bisnis usaha ini begitu potensial? Karena dalam beberapa survey memperlihatkan bahwa setiap detiknya, terdapat 40.000 domain baru yang didaftarkan. Domain-domain tersebut mengindikasikan banyaknya orang yang membutuhkan artikel-artikel fresh dan original. 

Anda bisa memulai ide usaha ini tentunya dengan kemampuan menulis Anda. Selain itu pastikan Anda membuat profil tentang jasa kepenulisan Anda, bentuknya bisa situs ataupun akun media sosial. Perlihatkan bahwa Anda memiliki track record bagus dalam menyediakan berbagai artikel fresh dan original.

Penulis Buku

Ide usaha penulis paruh waktu lainnya adalah dengan menjadi penulis buku. Dengan menjadi penulis buku, maka Anda membutuhkan waktu yang agak lama untuk menghasilkan satu buah karya cetak. Anda bisa menjadikan waktu luang Anda setelah bekerja dengan menulis buku. 

Jika karya buku Anda diapresiasi oleh banyak orang maka siap-siaplah untuk mendapatkan banyak pundi-pundi uang. Jika Anda sudah yakin dengan kualitas buku yang Anda ciptakan, maka langkah selanjutnya adalah menemukan penerbit yang terpercaya. Selalu gunakan passion Anda selama kegiatan menulis, agar hasilnya maksimal dan original.

Blogger

Peluang usaha lainnya adalah dengan menjadi seorang blogger. Blogger adalah sebutan bagi seseorang yang menjadikan platform blog seperti Worpress ataupun Blogger sebagai media berkaryanya. Menjadi blogger berarti Anda harus mengisi blog Anda dengan artikel-artikel fresh dan original. 

Anda bisa melakukan kegiatan blogging ini disela kegiatan utama Anda. Banyak blogger yang meraup kesuksesan dari blog-blog yang unik dan menyediakan konten-konten yang bermanfaat. Ide usaha paruh waktu ini bisa dikerjakan dimananpun, baik di rumah ataupun di kantor. Yang Anda perlukan hanya kemampuan menulis yang baik dan pemahaman blogging yang benar.

Ebook

Salah satu peluang usaha penulis part time lainnya adalah penulis ebook. Ebook merupakan buku digital yang bisa Anda terbitkan tanpa memerlukan bantuan penerbit. Karena begitu fleksibelnya, Anda bisa menciptakan berbagai judul ebook tanpa perlu ada persetujuan dari pihak lain. Anda bisa mewarkan karya ebook Anda di situs-situs buku online seperti amazon.com ataupun payhip.com. Pastikan ebook yang Anda buat memiliki topik yang dibutuhkan banyak orang namun dengan pengemasan eksklusif. 

Ghost Writer

Peluang bisnis penulis paruh waktu terakhir adalah ghost writer. Ghost writer merupakan seseorang yang membantu terciptanya karya orang lain, tanpa menyebutkan nama pribadi. Karena konsepnya adalah dibalik layar, maka biasanya harga untuk seorang ghost writer lumayan mahal. 

Demikianlah info mengenai peluang bisnis terbaik untuk mahasiswa. Seperti yang telah Anda baca di atas, mahasiswa bisa menjajal banyak hal agar bisa mendapatkan uang yang banyak. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan juga ya!

0 komentar