MEDIA PARTNER

Friday, May 17, 2019

Ini 13 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar Halal

13 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar Halal
Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar Halal

Pebisnis manapun pasti menginginkan untung besar namun dengan gelontoran modal yang kecil. Memang hal tersebut merupakan prinsip dasar dari kegiatan ekonomi, dan siapapun pasti akan mengaplikasikannya. Nah di bawah ini Anda akan menemukan 13 ide bisnis modal kecil untung besar halal!

Namun tidak semua pebisnis yang menerapkan prinsip ‘bisnis modal kecil’ bisa sukses dengan income yang melimpah. Kebanyakan dari mereka gagal menganalisa pasar dan tidak mau mengeksplorasi hal-hal baru terkait dunia bisnis. Bisnis usaha modal kecil dengan untung besar memang merupakan ide usaha yang sangat ideal namun diperlukan berbagai trial error untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa bisnis usaha modal kecil untung hasil besar halal.

Bisnis Modal Kecil Untung Besar dan Halal

Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Anda sedang mencari ide bisnis modal kecil untung besar yang bisa dikerjakan di rumah Anda sendiri? Maka anda berada di tempat yang tepat, karena Anda akan menemukan berbagai peluang ide usaha kreatif terbaru dengan modal yang sangat minim dalam artikel ini. 

Berbagai ide usaha rumahan (home industri) bisa dimulai dengan modal yang sangat minim, sehingga siapapun bisa memulainya. Namun seperti namanya, ide bisnis kreatif rumahan membutuhkan berbagai inovasi dan kreatifitas sehingga bisnis usaha bisa stand out di market lokal maupun global. 

Jika Anda memang seseorang yang menyukai tantangan, maka beberapa ide bisnis modal kecil rumahan ini sangat cocok bagi Anda. 

Jasa Pelayanan Kebersihan/House Cleaning

Jasa Pelayanan Kebersihan

Salah satu ide bisnis usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda coba adalah jasa pelayanan kebersihan. Ide usaha house cleaning service ini tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Dengan invest beberapa peralatan seperti mini vacum cleaner, sabun pembersih organik, sapu, kain lap, dan lain-lain Anda sudah mampu memulai bisnis usaha house cleaning. 

Modal awal untuk bisnis usaha jasa pelayanan kebersihan ini tidaklah begitu besar, berkisar antara 1 hingga 5 juta tergantung dari paket peralatan yang Anda beli. Yang terpenting saat menjalankan bisnis ini adalah kepercayaan. Semakin Anda dipercaya maka semakin banyak order yang akan Anda terima.

Ide bisnis house cleaning ini memang sudah happening di kota-kota besar. Namun dengan semakin majunya zaman yang ditandai dengan banyaknya orang yang menggunakan smartphone, ide usaha house cleaning ini sangat menjanjikan. 

Anda bisa start dengan modal yang sangat minim. Cukup dengan investasi peralatan pembersih standar seperti vacum cleaner mini, sapu ataupun kain lap premium. Selain itu agar startup Anda semakin meyakinkan, buat aplikasi di Android agar pelanggan Anda bisa melihat berbagai penawaran yang Anda berikan.

Jasa Penyewaan Games/ Games Center

Games Center

Bisnis usaha modal kecil lainnya adalah jasa penyewaan games atau games center. Kebutuhan orang akan games sangatlah besar, mulai dari anak-anak hinga orang dewasa pun sangat menyukai games. Untuk modal awal, cukup beli 3 buah perangkat games seperti PlayStation 3, Xbox, ataupun PC dengan spesifikasi games. 

Meskipun dana yang digelentorkan tidak sekecil jasa house cleaning, namun potensi keuntungan bisnis usaha jasa penyewaan games ini sangat besar. Untuk satu jam penyewaan PS 3, biasanya tarifnya adalah Rp.5000. Sekarang bayangkan jika yang menyewa PS3 berjumlah 20 orang setiap harinya, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp.100.000 perharinya hanya dari satu konsol games. 

Laundry

Bisnis Laundry

Setiap orang memiliki pakaian kotor yang harus dicuci setiap harinya dan kebanyakan manusia modern tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikannya sendiri. Oleh karena itulah, bisnis usaha laundry menjadi celah bisnis yang sangat potensial. 

Dibanding dengan bisnis-bisnis usaha lainnya, untuk memulai usaha laundry ini terbilang relatif minim modal. Anda bisa menggunakan satu atau dua mesin cuci dulu untuk startup, jika sudah pelanggan sudah lumayan banyak maka tinggal menambah beberapa unit lagi. Bisnis usaha laundry ini memang memiliki pangsa pasar yang luas di daerah perkotaan, namun semakin kesini semakin banyak orang yang membutuhkan jasa laundry termasuk di desa-desa. 

Keripik

Bisnis Keripik

Siapa sih yang tidak suka keripik? Hampir semua orang menyukai makanan ringan yang kremes-kremes ini. Karena potensi pemasarannya yang sangat luas, maka ide bisnis keripik ini tidak akan pernah uzur dimakan zaman. Anda bisa memulai ide usaha ini dengan membuat bisnis home-based, untuk langkah awal cukup gelontorkan modal minim untuk melihat respon pasar. 

Jangan lupa untuk menggunakan berbagai bahan-bahan yang fresh. Beberapa keripik yang sangat hip di Indonesia adalah keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, keripik bayam dan lain-lain. Agar mampu stand out, buat ide unik dalam membuat keripik, Anda bisa mencontoh konsep Reza Nurhilman dalam menciptakan brand keripik Maicih.

Bisnis Online

Bisnis Online

Hari ini siapa sih yang tidak kenal dengan Facebook atau Google? Hampir semua orang kini sudah terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan internet. Jadi tidak dipungkiri lagi bahwa bisnis online merupakan ceruk bisnis yang sangat menggiurkan. 

Berbagai bisnis home-based bisa dilakukan lewat online. Beberapa ide usaha yang sedang happening adalah toko online, affilate marketing, blogging, freelance writer dan masih banyak lagi yang lainnya. Bisnis online ini relatif tidak membutuhkan banyak modal dalam menjalankannya, cukup dengan menggunakan laptop, jaringan internet dan skill yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengikuti berbagai seminar dan webinar agar kemampuan bisnis online Anda semakin mumpuni.

Sabun dan Produk Kecantikan


Salah satu ide bisnis yang sedang happening adalah sabun dan produk kecantikan. Karena konsepnya hand-made, biasanya produk sabun dan produk kecantikan memiliki range harga yang lebih tinggi. Selain itu biasanya, produk rumahan juga memakai bahan-bahan alami tanpa pengawet. 

Anda juga bisa start bisnis sabun dan produk kecantikan ini di rumah dengan modal yang sangat kecil. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami dan herbal dalam menciptakan produk dengan merek Anda sendiri. Jangan lupa untuk membuat akun di media sosial untuk memperkuat ide usaha ini. Potensi bisnis usaha ini sangat menjanjikan karena masyarakat kini sudah mulai aware dengan pola hidup sehat alami.

Budidaya Ikan Hias


Bisnis usaha lainnya yang tidak membutuhkan modal besar adalah budidaya ikan hias. Hanya dengan modal ratusan ribu saja, Anda bisa memulai bisnis usaha satu ini. Untuk memulainya Anda bisa membeli beberapa ikan hias untuk diperanakan, dan juga pastinya membuat kolam yang mampu menampung ikan hias dalam jumlah banyak. Temukan suplier bibit ikan hias yang memiliki range harga super murah dan jika Anda menjualnya maka Anda akan mendapatkan untung besar. 

Jasa Perawatan Anak (Child Care)

Child Care

Jika Anda memiliki rumah berukuran luas dan jarang terpakai maka Anda bisa menggunakannya sebagai lokasi jasa perawatan anak (child care). Yang Anda perlukan untuk merealisasikan ide usaha ini hanya kemampuan berkomunikasi dengan anak yang baik dan beberapa aksesoris atau mainan yang membuat anak betah. 

Selain itu Anda juga bisa membuat situs tentang ide bisnis Anda tersebut. Agar lebih terpercaya, ada baiknya Anda mengikuti berbagai seminar ataupun pelatihan cara mengurus anak dan dapatkan sertifikatnya. 

Konsultan Pernikahan

Konsultan Pernikahan

Salah satu ide bisnis sampingan modal kecil terpopuler lainnya yaitu konsultan pernikahan. Banyak orang yang membutuhkan berbagai panduan dalam merencanakan prosesi pernikahan. Jika Anda kebetulan sangat berpengalaman di bidang event organizer, maka Anda bisa memulai startup ide usaha wedding consulting ini. 

Yang Anda butuhkan untuk ide usaha modal kecil untung besar satu ini adalah pemahaman mendalam tentang wedding planning dan networking dengan berbagai vendor peralatan pernikahan. Ide usaha ini bisa dikerjakan di rumah dengan membuat home office dan sebuah situs untuk memperkuat bisnis usaha Anda.

Toko Online

Toko Online

Bisnis toko online memang bukan barang baru, namun bisnis toko online ini masih menjadi bisnis paling populer hingga hari ini. Berbagai produk bisa dijajakan di sebuah online shop, baik itu produk milik sendiri ataupun dengan sistem reseller. Namun masalahnya adalah masih minimnya kemampuan orang dalam membuat website toko online. 

Solusinya adalah dengan mengikuti berbagai seminar ataupun webinar cara membuat toko online yang baik dan benar. Ide bisnis online shop sepertinya tidak akan usang di makan zaman dan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Desain Grafis

Design Grafis

Bisnis modal kecel paling hip lainnya yaitu jasa desain grafis. Kemampuan desain grafis tidak hanya bisa dimiliki oleh para sarjana desain, melainkan orang biasa ‘pun bisa menguasainya. Kemampuan Photoshop ataupun Corel Draw bisa dikuasai dengan mudah lewat berbagai tutorial di internet. 

Ide usaha modal kecil ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan karena banyak orang ataupun korporasi yang membutuhkan berbagai karya desain grafis yang original. Anda bisa memulai ide usaha sampingan ini di rumah atau kos-kosan!

Instagram Marketing

Instagram Marketing

Salah satu ide bisnis sampingan paling happening lainnya adalah Instagram marketing. Tidak perlu diragukan lagi bahwa Instagram merupakan platform sosial media terpopuler untuk urusan marketing. Banyak orang atau perusahaan yang berlomba-lomba memarketkan produknya lewat Instagram. 

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mendapatkan banyak follower di Instagram maka Anda bisa memulai ide usaha Instagram marketing. Jika Anda memiliki ribuan atau hingga puluhan ribu follower di Instagram atau istilah influencer, maka Anda bisa mendapatkan satu hingga ratusan juta per post nya.

Trik Dapatkan Ide Bisnis Modal Kecil yang Potensial


Di era digital seperti hari ini, startup atau usaha rintisan semakin berkembang layaknya jamur di musim hujan. Tak mengherankan mengapa startup semakin happening karena keterbukaan informasi menjadikan banyak orang mampu menemukan hal-hal baru setiap harinya. Namun tidak semua pebisnis startup bisa sukses dengan mudah, terutama karena mereka gagal menggali ide bisnis modal kecil yang potensial dan original. 

Karena sifatnya yang ‘fresh’, seorang entrepreneur mesti menggunakan intuisi dan juga daya imanjinasinya untuk menemukan berbagai ide usaha startup yang potensial. Untuk memandu Anda menemukan model bisnis startup yang tepat, berikut beberapa trik mendapatkan ide bisnis modal kecil yang potensial.

Brainstroming 


Sebelum memulai startup, proses brainstorming atau penggalian berbagai konsep dan ide usaha merupakan hal penting dan dapat menjadi penentu kesuksesan bisnis di masa depan. Bagaimana caranya agar proses brainstorming ini efektif? Berikut beberapa penjelasannya di bawah ini:

  • Untuk menggali berbagai ide usaha kreatif yang potensial, Anda harus melakukan berbagai kegiatan pengumpulan ide-ide yang sedang happening di market global maupun lokal. Hal pertama yang harus kamu gali adalah tipe konsumen seperti apa yang ingin Anda bidik, apakah anak-anak, remaja, atau dewasa. Setelah itu, Anda baru bisa membuat model bisnis yang paling tepat, misalnya seperti bisnis usaha kaos. Setelah itu Anda juga mesti melihat berbagai ide-ide usaha lainnya seperti harga, desain ataupun hal-hal mendetail lainnya. 
  • Kembangkan semua ide-ide usaha tersebut, hingga terkumpul sangat banyak, baik yang tertera di dokumen ataupun kepala Anda.
  • Jangan biarkan ide-ide tersebut menumpuk, lakukan evaluasi terhadap ide-ide usaha tersebut dengan cara memfokuskan pada ide-ide mengenai pengguna potensial, konsumen potensial, dan suplier potensial.
  • Dengan proses brainstorming ini, Anda bisa membangun fondasi bisnis usaha startup dengan akurat.



Kegiatan brainstorming memang menjadi kunci utama apakah ide usaha yang telah digali tersebut disukai pasar atau tidak. Namun tahukah Anda terdapat beberapa jenis penggalian ide usaha startup, yang masing-masing memiliki karakteristiknya masing-masing, berikut ulasannya.

  • Ide-Ide Spontan


Ide-ide spontan lahir dari momen-momen yang tidak diprediksi sebelumnya. Sebagai contoh saat Anda mandi tiba-tiba muncul dalam pikiran sebuah ide usaha startup yang sangat brilian. Saat itulah Anda merasa bahwa ide usaha ini tidak dimiliki orang lain. Inilah yang disebut dengan ide-ide spontan, jadi jika Anda kebetulan mengalami momen-momen seperti yang telah diilustrasikan diatas, maka sebagai pebisnis Anda jangan pernah mengacuhkannya.

  • Ide-Ide Khusus


Jika Anda seseorang yang telah lama berkecimpung di dunia pemrograman, maka Anda akan menemukan berbagai pengetahuan mengenai pemrograman tersebut. Anda juga akan menemukan berbagai masalah-masalah saat Anda bekerja sebagai seorang programmer. Masalah-masalah atau kelemahan-kelemahan yang berhubungan dengan dunia pemrograman tersebut akhirnya menjadi ide usaha startup yang sangat potensial, karena Anda berusaha untuk memberikan solusi bagi banyak orang.

  • Ide-Ide yang Disengaja


Ide-ide yang disengaja tidak lahir dari proses brainstorming namun dari keinginan Anda untuk memulai sebuah bisnis startup. Biasanya ide usaha tersebut muncul karena Anda sudah jengah dengan pekerjaan Anda yang monoton. Akhirnya dengan letupan hasrat untuk berubah maka lahirlah ide-ide usaha startup tersebut. 

Kesimpulan

Jika Anda memiliki semangat membara untuk memulai bisnis tahun ini, maka Anda bisa melihat berbagai ide bisnis modal kecil untung besar halal dalam artikel ini. Di era keterbukaan informasi seperti sekarang, banyak orang yang mulai aware terhadap berbagai peluang bisnis yang ada. Terutama dengan melesatnya jaringan internet, siapapun bisa sukses dengan melahap berbagai informasi lewat internet. Selain itu semakin meningkatnya kebutuhan banyak orang akan jasa pelayanan, membuat peluang bisnis semakin meningkat. 

Ide-ide bisnis modal kecil terbaru memang merepresentasikan berbagai kebutuhan banyak orang akan suatu pelayanan. Untuk membangun bisnis startup memang tidaklah mudah, namun dengan ketekunan dan kemauan tinggi untuk terus belajar, maka kesuksesan ‘pun akan menyusul.

Nah itulah beberapa ide bisnis usaha modal kecil yang bisa Anda realisasikan dalam hidup Anda. Bisnis-bisnis usaha di atas tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya dan juga sangat mudah dalam pengaplikasiaannya. Semoga bermanfaat!

0 komentar