MEDIA PARTNER

Wednesday, April 10, 2019

Tips-Tips Menata Dapur Sempit Lebih Efektif dan Artistik


Di era yang serba minimalis ini, pemanfaatan ruang yang sempit sangatlah penting. Banyak orang yang berpikir sangat sulit untuk mengatur dapur sempit agar terlihat lebih catchy dan roomy. Banyak pemilik rumah akhirnya lebih memilih menempatkan beberapa perabotan di ruangan lain, yang akhirnya membuat rumah menjadi berantakan. 

Meskipun kecil, namun dapur tersebut harus memenuhi unsur ‘roomy’ terutama dalam bentuk dan fungsinya. Tidak peduli seberapa ringkihnya ruang-ruang di dapur Anda, beberapa trik dan tips berikut ini bisa membuat dapur mini Anda terlihat besar dan lebih fungsional. So jika Anda kebetulan memang memiliki dapur mini, berikut tips-tips menata dapur sempit lebih efektif dan artistik.

Tips-Tips Menata Dapur Sempit Lebih Efektif

Tips Menata Dapur Sempit - Tempatkan Perabotan dengan Efektif


Salah satu hal penting dalam mengatur dapur sempit adalah perencanaan mengenai penempatan perabotan. Sejauh mana perabotan-perabotan ditempatkan dengan baik maka dapur mini pun akan semakin fungsional dan terlihat rapi. Jika Anda memiliki dapur mini sebaiknya kombinasikan kulkas dengan freezer mini terutama jika Anda tidak ingin pusing dengan berbagai makanan beku. Salah satu perabotan paling ‘ringkih’ untuk diaplikasikan di dapur sempit adalah oven, namun Anda bisa menempatkan oven kecil atau jika tidak, Anda cukup menempatkan pemanggang atau kompor gas saja, pastikan kompor gas tersebut memiliki dua sumbu. Pastikan juga untuk menempatkan microwave atau oven mini agar worktop (panel meja) tetap bersih saat masakan berada di titik paling matang. 

Sebelum benar-benar mengeksekusi berbagai plan yang sudah kamu buat untuk dapur mini, ada baiknya mengevaluasi perabotan-perabotan berukuran kecil. Salah satu konsep terbaik untuk dapur mini adalah menjadikan perabotan tersebut memiliki dua fungsi. Sebagai contoh, blender bisa dijadikan alat membuat jus dan atau membuat adonan bumbu. Namun agak susah jika kita sedang memasak dan membutuhkan dua fungsi berbeda di satu barang. Oleh karena itu Anda mesti melakukan berbagai ‘dual purpose’ agar dapur mini ini bisa fungsional. 

Setelah Anda mencoba untuk memasukan unsur ‘dual purpose’ dalam dapur sempit Anda, maka Anda bisa mengevaluasi perabotan mana yang diperlukan dan mana yang tidak. Setelah Anda memutuskan untuk tidak memakai beberapa perabotan tertentu, seharusnya proses pengaturan dapur sempit akan berjalan dengan lebih mudah. Perabotan yang tidak digunakan setiap hari harusnya tidak menjadi prioritas dan Anda harus memutuskan dengan cepat sesuai dengan kebutuhan Anda di dapur. Lemari rak tinggi bisa menjadi pilihan terbaik, begitu pula dengan rak yang ditempelkan di dinding. 

Untuk memudahkan akses terhadap perabotan, Anda bisa menempatkan kursi lipat. Akan lebih baik jika setiap perabotan ditempatkan ditempat yang sama dan berada pada jarak yang dekat. Sebagai contoh, tempatkan peralatan pelengkap dibelakang blender. 

Tips Menata Dapur Sempit -  Think Small


Jika Anda telah membuat berbagai kombinasi ataupun ‘dual purpose’ dari sebuah perabotan, maka untuk step selanjutnya Anda tetap harus menerapkan konsep ‘think small’. Berpikirlah bahwa dapur mini yang Anda punyai akan sesuai dengan berbagai ‘small concept’ yang telah Anda visualisasikan. Anda bisa menempatkan sebuah cooker hood yang terintegrasi dengan lemari, selain sangat fungsional untuk menjauhkan berbagai aroma tidak sedap di dapur mini Anda juga penggunaannya sangat simpel. Untuk lebih simpel Anda bisa menempatkan countertop dishwaser daripada tempat mencuci piring biasa.

Jika Anda ingin menambah area didalam dapur maka langkah paling tepat adalah dengan ‘mencurinya’ dari beberapa area. Maksudnya adalah jika Anda ingin ruang lebih, Anda bisa mengganti pintu ayun dengan pintu geser. Hal ini sangat efektif untuk menambah beberapa area di dapur mini Anda. Anda juga dapat menambah sedikit ruang dengan menghilangkan beberapa area dinding, lalu Anda bisa menempatkan beberapa desain lemari. Sama seperti pintu, Anda juga bisa mengganti pintu ayun dari lemari dengan pintu geser dari lemari, hal ini memastikan Anda tidak akan kikuk saat memasak. 

Jangan berpikir bahwa konsep ‘think small’ berarti Anda harus membeli perabotan murah, abal-abal, tidak berkualitas dan lain-lain. Perabotan kecil namun berkualitas tinggi kini sudah banyak tersedia bagi Anda yang memiliki dapur sempit di rumah. Jangan lupakan tentang wastafel, banyak dari wastafel kini telah disertai dengan kover, dan tempatkan di area yang jauh dari pintu. Dan jika ada barang yang tidak muat di area tertentu, Anda bisa menaruhnya di daerah lain, yang terpenting adalah barang tersebut tidak membuat kegiatan Anda di dapur menjadi tidak  dinamis. 

Tips Menata Dapur Sempit - Penyimpanan Cerdas


Dapur mini memang terasa lebih nyaman namun biasanya tidak cukup untuk ruang penyimpanan. Disinilah Anda mesti berpikir sedikit lebih maju, dengan beberapa konsep cerdas akan ruang penyimpanan, dapur mini pun akan terasa semakin fungsional. Anda bisa memulainya dengan tertuju pada lemari dan rak terbuka, Anda bisa menggantungkan rak agar sesuai dengan ruangan yang ada di dapur mini, begitupula dengan lemari, Anda sudah seharusnya memilih lemari berukuran agak kecil. 

Ide keren lainnya adalah dengan menggantungkan beberapa panci, penggorengan, wajan dan lain-lain tepat didepan meja. Karena Anda tidak memiliki ruang banyak, ada baiknya menaruh segala keperluan dapur seperti bumbu hingga barang pecah belah di kompartemen khusus. Jika Anda menyukai style tradisional dan terkesan eksotis, Anda bisa menggunakan keranjang anyaman untuk menaruh berbagai keperluan dapur.

Area di langit-langit dan juga permukaan pintu dapat menjadi tempat terbaik untuk barang-barang kecil. Ruangan tidak terpakai di permukaan pintu dapat dimanfaatkan dengan meletakan gantungan, kantong plastik atau papan memo untuk menaruh beberapa barang-barang kecil. Anda juga dapat memanfaatkan area sudut ruangan dengan rak berbentuk segitiga atau juga memanfaatkan area bawah wastafel untuk penyimpanan berbagai perabotan kecil.

Tips Menata Dapur Sempit - Kesimpulan

Banyak orang yang salah dalam menata dapur mininya, terutama karena mereka terlalu fokus pada desain daripada fungsi dari dapur mini tersebut. Anda sudah seharusnya menahan keinginan untuk mempercantik dapur mini Anda, yang Anda fokuskan adalah seberapa fungsionalkah dapur sempit Anda? Yang perlu diperhatikan saat menata dapur sempit adalah apakah dapur mini tersebut mampu dimasuki oleh lebih dari satu orang. Hal tersebut membuat dapur mini Anda akan lebih nyaman sekaligus dapat dimasuki oleh anggota keluarga lainnya. 

Ruang penyimpanan juga menjadi hal krusial, meskipun Anda tidak mungkin untuk menempatkan seluruh perabotan di dapur mini Anda, namun minimal Anda menempatkan barang-barang yang paling fungsional. 

Pengorganisasian adalah kunci agar dapur mini menjadi lebih fungsional. Apakah Anda memasak di dapur luas ataupun sempit namun dengan berbagai konsep yang tepat, dapur tersebut akan lebih efisien. Anda bisa menemukan berbagai tips-tips menata dapur sempit di berbagai sumber seperti majalah, program TV ataupun lewat internet. Mempelajari berbagai ide penataan dapur mini akan membuat pemilik rumah terhindar dari frustasi dan menjadikan rumah terasa lebih menyenangkan.