MEDIA PARTNER

Tuesday, April 9, 2019

Tips Memilih Stroller Bayi & Balita


Seorang ibu pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya, salah satu solusinya adalah dengan menyediakan baby stroller atau kereta dorong bayi. Stroller mempunyai fungsi kunci yaitu untuk memudahkan seorang ibu untuk membawa anaknya pada saat jalan kaki. Biasanya seorang ibu membawa anaknya dengan digendong menggunakan kain atau yang biasa disebut baby wrap, namun jika seorang ibu sedang jalan-jalan pastinya beban ditangannya akan meningkat dan ibu akan cepat kelelahan. Oleh karena itu baby stroller ini menjawab berbagai kebutuhan banyak ibu di dunia. Meskipun beberapa bayi atau balita lebih suka untuk digendong daripada ditempatkan disebuah stroller, namun stroller bisa menjadi barang wajib dalam kondisi tertentu. Inilah beberapa tips memilih stroller bayi & balita yang semoga berguna bagi mommy dimanapun berada.

Tips Memilih Stroller Bayi & Balita


Menempatkan bayi di sebuah stroller bisa sangat menyenangkan baik bagi orang tua ataupun bayi itu sendiri. Sebuah stroller biasanya dibutuhkan tepat pada saat anak mencoba belajar berdiri, walaupun ada beberapa orang tua yang menempatkan anaknya di stroller beberapa bulan setelah melahirkan. Stroller dipakai pada saat anak berumur 3 hingga 4 tahun, dan jika anak sudah bisa berjalan biasanya stroller tersebut tidak dipakai lagi. Banyak dari orang tua tidak menggunakan stroller pada saat bayi baru lahir karena bayi lebih menyukai untuk digendong dan didekap dengan hangat. Meskipun baby stroller dirasa lebih efisien, namun banyak orang tua lebih suka baby wrap untuk bayinya yang masih mungil. 

Dengan begitu banyaknya tipe-tipe stroller di pasaran membuat banyak orang tua kebingungan untuk memilih baby stroller yang tepat untuk anaknya. Anda sebaiknya mempertimbangkan dimana Anda tinggal, dimana stroller akan Anda gunakan dan seberap lama kira-kira stroller tersebut digunakan. Banyak dari orang tua yang telah menggunakan baby stroller untuk kenyamanan bayi, namun apakah para orang tua memperhatikan unsur safety dari stroller tersebut? Pertanyaan simpel, namun faktanya memang banyak orang tua yang memilih baby stroller berkualitas rendah sehingga sering terjadi kecelakaan bahkan kematian. Jadi akan lebih baik jika Anda mengetahui berbagai hal-hal penting sebelum membeli baby stroller di pasaran, berikut tips memilih stroller bayi dan balita.

Sebelum Anda benar-benar akan membeli baby stroller, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tipe dari baby stroller, berikut beberapa tipenya:

Lightweight Stroller

Sesuai namanya, lightweigt stroller biasanya memiliki berat hanya 6 kg atau kurang dari itu. Sering disebut juga dengan sebutan umbrella stroller, stroller ini biasanya bisa dilipat dengan mudah. Stroller simpel ini biasanya tidak memiliki banyak bantalan dan biasanya agak ringkih, namun sesuai dengan harganya yang tidak terlalu mahal daripada tipe stroller lainnya. Stroller ini cocok untuk balita atau bayi yang agak berumur, beberapa orang tua menggunakan lighweight stroller ini sebagai stroller cadangan atau untuk travelling. Stroller tipe ini tidak cocok untuk bayi berumur 2 hingga 1 tahun, karena desainnya yang tidak mampu menopang kepala bayi dengan baik. 

Standard Stroller

Tipe stroller satu ini memiliki banyak desain dan style, sehingga sangat disukai banyak ibu-ibu muda. Standard stroller biasanya memiliki tempat berbaring yang nyaman dan anak bisa berbaring dengan berbagai posisi. Kebanyakan standard stroller memiliki kerai dan area penyimpanan dibawah tempat berbaring. Dibeberapa standard stroller, bayi menghadap kedepan dan beberapa lainnya menghadap kearah belakang. Tipe stroller satu ini bisa sangat simpel atau mungkin sangat berkualitas dimana banyak fitur didalamnya. 

Jogging Stroller

Jogging stroller memiliki 3 roda sepeda yang dintegrasikan pada rangka ringan dan menghasilkan efek nyaman baik bagi orang tua ataupun anak. Sesuai namanya, jogging stroller bisa sekaligus menjadi alat terbaik untuk berolahraga, sang ibu bisa sambil lari-lari kecil saat membawa anaknya. Stroller ini sangat cocok jika Anda sedang jalan-jalan di taman, jogging, ataupun hiking dipegunungan. Beberapa jogging stroller dapat membawa lebih dari satu anak. Karena desainnya yang ringan, stroller ini juga sangat mudah untuk dibawa menanjak. Namun ukurannya yang besar membuat stroller tipe ini sedikit sulit untuk bermanuver ataupun untuk menaiki tangga ataupun elevator. Berbeda dengan tipe stroller lain, jogging stroller tidak bisa dilipat. 

Car-seat Stroller

Tipe baby stroller satu ini memiliki rangka yang terbuat dari logam ringan dan didesain untuk membawa tempat duduk khusus. Anda bisa memindahkan tempat berbaring anak yang biasa ditempatkan di mobil ke stroller ini. Tipe stroller ini bisa dilipat dan dapat dengan mudah ditempatkan di bagasi mobil. 

Travel Stroller

Tipe stroller satu ini merupakan stroller yang menyerupai jogging stroller namun bisa menempatkan baby car seat atau tempat duduk anak. Biasanya memiliki ukuran yang lebih besar, lebih berat dan lebih mahal daripada tipe stroller yang lainnya. Travel stroller ini bisa digunakan terutama saat anak sudah berumur 2-4 tahun. 

Double and Triple Stroller

Tipe baby stroller satu ini mampu membawa 2 hingga 3 anak didalamnya, desainnya bisa 3 tempat duduk berbeda dari belakang ke depan. Stroller ini sangat cocok bagi seorang ibu yang memiliki banyak anak balita. Di beberapa stroller terdapat desain yang unik dimana tempat duduk bagian belakang bisa ditempati anak yang lebih besar sehingga ia bisa berdiri. 

Tandem Stroller

Jika Anda memiliki sepasang bayi kembar, maka tandem stroller bisa menjadi pilihan terbaik. Tipe stroller satu ini sangat mudah untuk bermanuver melewati area didalam rumah. Tandem stroller berjenis side-by-side sangat sulit untuk bermanuver di kerumunan banyak orang karena ukurannya yang besar, namun tempat berbaring bagi anak sangatlah nyaman.

Manfaat-Manfaat Baby Stroller

Baby stroller mungkin memiliki banyak haters terutama bagi para orangtua yang lebih menyukai baby wrap atau gendongan, namun terlepas dari itu baby stroller juga mempunyai beberapa manfaat yaitu: 
  • Stroller dapat membuat nyaman bayi atau balita, dengan berjalan pelan dan memiliki sensasi saat berada di mobil, bayi akan lebih cepat tertidur. Hal ini berarti Anda tidak terlalu susah untuk menidurkan bayi dan Andapun bisa cepat juga tidur (beristirahat). 
  • Daripada menggunakan baby wrap, stroller dirasa lebih mudah dan nyaman digunakan oleh para orang tua. 
  • Stroller memberikan lingkungan yang nyaman dan aman bagi bayi, terutama dengan penggunaan kerai, rangka pelindung dan sebuah harness. Menggendong bayi memang banyak disukai para ibu, namun akan sangat gawat jika ibu tersebut tersandung batu. Akan lebih aman dan nyaman untuk menempatkan bayi di stroller. 
  • Stroller juga biasanya memiliki area penyimpanan, sehingga orang tua bisa membawa banyak barang-barang penting untuk bayi seperti pakaian tambahan, tas bayi, makanan ringan, botol dan peralatan pribadi. 
  • Baby stroller memudahkan Anda dalam berbelanja. Sekarang bayangkan jika Anda menggendong bayi saat shopping, pastinya sangat merepotkan karena Anda akan membawa banyak plastik belanjaan. Stroller bisa menjadi solusi terbaik untuk membawa anak pada saat shopping, pastikan Anda menggunakan stroller yang bisa dilipat. 
  • Meskipun dengan menggunakan baby wrap, beban bagi tubuh akan lebih banyak, namun apakah hal tersebut menyenangkan? Nah jika jawabannya tidak, alangkah lebih baik untuk menggunakan stroller terutama jika Anda ingin berolahraga. Terutama jika Anda ingin jogging, bisa menggunakan jogging stroller karena Anda bisa lari-larian sambil melihat anak Anda tertawa gembira. 


Hal-Hal Penting Yang Mesti Diketahui Sebelum Membeli Baby Stroller

Sebelum Anda membeli perlengkapan bayi ini, ada baiknya Anda mengetahui berbagai hal mulai dari spesifikasi, fitur ataupun desain dari baby stroller, untuk memudahkan Anda, berikut hal-hal penting yang mesti diketahui sebelum membeli baby stroller.

Pengereman

Sebelum Anda membeli stroller ada baiknya Anda mengecek sistem pengereman dari produk stroller. Anda bisa melakukan tes di toko tersebut, stroller yang berkualitas memiliki pengereman yang bagus, jadi saat Anda menginjak pedal rem, perputaran roda akan langsung berhenti. Perhatikan juga bahwa rem tersebut apakah berfungsi pada semua roda ataupun manual satu persatu. Jogging stroller memiliki rem tuas tangan dan kaki, sehingga memudahkan dalam menghentikan stroller saat melaju kencang.

Safety

Pastikan bahwa keamanan adalah poin paling penting sebelum memutuskan untuk membeli stroller. Rangka stroller secara keseluruhan harus kuat, rapat dan tetap berada di posisinya saat bergerak. Mekanisme gerak harus mudah untuk digunakan, hal tersebut untuk menghindari jatuh tiba-tiba saat membawa bayi. Anda juga harus menemukan berbagai area runcing ataupun menonjol pada sebuah produk stroller. Anda juga harus membeli baby stroller yang sudah tervalidasi keamanannya dan memiliki logo safety. 

Tempat Duduk Yang Dapat Diatur

Bayi yang baru lahir membutuhkan tempat berbaring yang flat hingga kepalanya bisa dikontrol dan dapat duduk tegak, biasanya sampai bayi berumur 6 bulan. Setelah itu Anda bisa menggunakan stroller yang dapat diatur posisinya, sehingga anak bisa duduk ataupun tidur. 

Harness

Kekangan bagi bayi sangatlah penting, karena untuk menjaga keamannya. Oleh karena itu sangat penting sebelum Anda membeli stroller mengecek sistem pengekangan yang ada pada sebuah stroller. Stroller mempunyainya lewat harness, sistem paling aman biasanya memiliki 5 level pengekangan yaitu di bagian pinggang, diantara dua lengan, dan dibagian dua pundak. Pastikan harness tersebut kuat dalam mengekang bayi namun juga mudah untuk dilepaskan. 

Kanopi

Sebuah stroller memiliki kanopi yang bisa diatur posisinya, kanopi ini bisa menjadi pelindung bagi bayi dari pancaran sinar matahari, hujan, dan juga angin. Dengan adanya kanopi ini ini membuat perjalanan bayi akan semakin menyenangkan. Sebaiknya Anda memilih stroller yang memiliki kanopi yang menawarkan sistem proteksi dari sinar ultraviolet. 

Bahan Yang Dapat Dicuci

Apapun stroller yang Anda beli, pastikan semuanya memiliki kain yang dapat dicuci, dalam artian kain tersebut bisa dilepas agar lebih mudah dibersihkan.

Ruang Penyimpanan

Jika Anda memang sering membawa barang-barang yang banyak akan lebih baik memilih baby stroller yang mempunyai ruang penyimpanan yang banyak. 

Fleksibilitas

Double and triple stroller akan lebih berguna jika Anda memiliki banyak anak. Juga jika Anda menginginkan fleskibilitas pada stroller, ada baiknya Anda memilih stroller yang dapat membawa banyak aksesoris seperti ekstra tempat duduk, pendulum dan panel untuk bayi. 

Tips-Tips Sebelum Membeli Baby Stroller

Jika Anda ingin membeli stroller berkualitas sekaligus juga nyaman, maka jangan lupakan untuk mengetahui berbagai karakteristik baby stroller, jika Anda sangat interest pada baby stroller, berikut beberapa tipsnya: 
  • Banyak dari stroller yang diambil dari peredaran karena memiliki rangka yang runcing dan sangat berbahaya bagi bayi, pastikan Anda mendapatkan stroller yang bebas dari rangka yang runcing. 
  • Jika Anda membeli baby stroller bekas, ada baiknya Anda melihat beberapa fitur yang mesti dalam kondisi baik seperti harness, kanopi, roda dan lain-lain. 
  • Jika Anda sering membawa anak Anda jalan-jalan di perkotaan, ada baiknya Anda memilih stroller yang kuat namun mudah untuk bermanuver diantara kerumunan banyak orang, dan mudah dibawa saat berada di transportasi publik.
  • Jika Anda tinggal di daerah yang terpencil ada baiknya Anda menggunakan stroller yang dapat dilipat sehingga mudah untuk dimasukan dalam mobil.
  • Jika Anda sering jogging atau naik gunung, ada baiknnya memilih jogging stroller. 
  • Pastikan baby stroller yang ingin Anda beli sesuai dengan budget yang Anda miliki, jika lagi minim ya jangan memaksakan membeli travel stroller. 
  • Hal penting lainnya yaitu pastikan baby stroller yang Anda akan beli itu tahan lama, paling tidak bisa bertahan 3 sampai 4 tahun hingga anak bisa berjalan dengan sempurna.
  • Stroller yang bagus juga memiliki selimut yang berkualitas dan juga adanya plastik transparan untuk melindungi dari air hujan.
  • Jangan karena Anda sedang bokek lalu dengan mudahnya membeli stroller berkualitas rendah, ada baiknya Anda menabung agar bisa membeli stroller yang berkualitas sehingga nyaman dan aman untuk dipakai.
  • Nah bagi ibu-ibu pastinya sangat menyukai hal yang imut-imut, begtu juga dengan stroller, ada baiknya memilih stroller dengan warna catchy namun tidak terlalu mencolok sehingga terkesan norak.
  • Pastikan juga material dari kain juga nyaman untuk digunakan terutama sebagai bantalan bayi, untuk bagian luar material kanvas juga sudah cukup bagus.
  • Nah ini hal yang penting, pilihlah baby stroller yang bergaransi karena jika stroller tersebut rusak Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan.
  • Pastikan stroller yang kita beli sudah memiliki sertifikasi keselamatan, karena jika tidak bisa jadi hal-hal fatal akan terjadi.
  • Agar lebih nyaman, belilah stroller yang memiliki tinggi yang sesuai dengan tubuh Anda. Akan sangat tidak nyaman jika Anda harus sering membungkuk karena tinggi stroller dengan tinggi badan Anda sangat berbeda jauh. 
  • Sama seperti orang tua, pilihlah stroller yang memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh bayi, jangan sampai ukurannnya terlalu sempit atau terlalu lebar, pilihlah baby stroller yang membuat anak Anda nyaman.
  • Jika hanya digunakan di rumah atau pelataran komplek rumah ada baiknya memilih stroller yang memiliki roda berukuran kecil, dan jika akan dipakai di area yang memiliki permukaan tidak rata ada baiknya rodanya berukuran agak besar.
  • Sesuaikan tipe baby stroller dengan usia anak Anda, jangan sampai tidak sesuai karena akan sangat berbahaya dengan tumbuh kembang anak. 
  • Jangan lupa untuk memperhatikan aspek kestabilan dari baby stroller, pastikan membeli stroller yang nyaman untuk dibawa dan tetap stabil meskipun di area yang kurang nyaman.
  • Nah ini juga penting, pastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik, jangan sampai remnya blong karena akan membahayakan keselamatan anak. 

Nah itulah beberapa tips memilih stroller bayi & balita, semoga dapat membantu Anda yang sedang mencoba memilihkan stroller untuk anak tercinta!