MEDIA PARTNER

Wednesday, April 10, 2019

Tips Memilih Road Bike (Sepeda Balap) Yang Tepat

Tips Memilih Road Bike (Sepeda Balap) Yang Tepat

Balap sepeda (road biking) apakah itu cuma sekadar hobi ataupun dalam level kompetisi pastinya akan membuat badan Anda semakin sehat. Road bike memang memberikan banyak poin ‘high level’ baik itu dari segi kecepatan, ketangkasan dan efisiensi. Bagi goweser pemula yang ingin fokus di road biking pastinya akan menemukan banyak hal-hal baru dan sedikit membingungkan terutama dalam mengenali elemen-elemen yang mendetail. 

Banyak dari goweser pasti mengenal Lance Armstrong, dan pastinya sangat terinspirasi untuk bisa memiliki kemampuan bersepeda seperti dia. Langkah pertama jika ingin terjun di dunia bersepeda adalah dengan memilih sepeda balap yang tepat, dan masalahnya, hal ini diperlukan pemahaman agak mendalam. Untuk memandu Anda mengenal lebih dalam akan road bike ini, berikut beberapa informasi penting dan tips memilih road bike (sepeda balap) yang tepat. 

Tips Memilih Road Bike - Apakah itu Road Bike?


Sebelum Anda membeli sepeda balap, ada baiknya mengetahui apa itu sepeda balap dan apa saja yang membedakannya dengan sepeda komuter, sepeda gunung, sepeda hybrid dan lain-lainnya.

Sepeda balap atau road bike memiliki rangka, ban ataupun komponen lainnya yang sangat ringan. Berbeda dengan tipe sepeda lain yang memiliki komponen yang solid dan berat. Karakteristik ringan tersebut memang ditujukan untuk akselerasi yang lebih cepat dan efisien. Road bike juga memiliki stang yang melengkung kebawah, walaupun beberapa sepeda balap memiliki stang lurus seperti sepeda gunung. Selain itu sepeda balap juga memiliki ban dan rantai yang lebih tipis. Berbeda dengan tipe sepeda lainnya, road bike tidak memiliki suspensi depan maupun belakang. Sepeda balap cocok untuk pria maupun wanita dan tersedia berbagai macam ukuran. 

Sepeda balap lebih condong pada pecinta aktivitas fisik, pembalap profesional, ataupun pembalap musiman. Perlu Anda ketahui bahwa road bike didesain untuk permukaan jalan beraspal, jadi akan sangat gawat jika menggunakan road bike di pegunungan yang memiliki permukaan tidak rata. Dengan sepeda balap ini, Anda bisa menjangkau jalanan lebih jauh dan juga lebih cepat daripada dengan tipe sepeda lainnya. Kebanyakan sepeda balap tidak memiliki boncengan seperti yang bisa ditemukan di sepeda urban, touring ataupun komuter. 

Namun hal ini tak berarti Anda tidak dapat menggunakan road bike untuk komuter atau istilah lainnya pulang-pergi kerja, namun pastinya Anda harus menempatkan berbagai bawaan disebuah bag yang Anda lekatkan di tubuh.

Tips Memilih Road Bike – Panduan Dalam Membeli Road Bike


Tipe Sepeda

Langkah pertama sebelum membeli sepeda balap adalah dengan menentukan tipe bersepeda seperti apa yang kamu inginkan, apakah untuk lomba (race) ataupun hanya untuk hobi belaka (sportive)? Jika Anda memang lumayan sudah lama bersepeda, maka alangkah lebih baik memilih race bike, sebaliknya jika hanya untuk senang-senang saat carefree alangkah baiknya Anda membeli sportive bike. Dewasa ini, banyak orang yang menggunakan sportive bike mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas.

Material Rangka dan Fork Sepeda

Hal penting lainnya yang perlu diketahui adalah material rangka dan fork dari sepeda balap, karena dua komponen ini memiliki dampak paling besar dari performa keseluruhan road bike. Kebanyakan road bike standar memiliki rangka yang terbuat dari logam, namun jika Anda memiliki dana lebih Anda bisa memilih sepeda balap yang memiliki fork yang terbuat dari karbon. 

Semakin banyak karbon maka semakin baik karena karbon sangat ringan, kuat dan juga memberikan banyak karakteristik dalam berkendara seperti meredam banyak getaran. Jika Anda ingin road bike yang lebih ringan dan cepat maka pilihlah rangka yang terbuat dari karbon dan jika hanya dipakai untuk hobi belaka maka rangka yang terbuat dari aluminum bisa menjadi pilihan yang cocok.

Groupset

Hal penting lainnya yang mesti menjadi fokus sebelum membeli road bike adalah groupset. Anda harus teliti dalam model groupset yang ada dalam sepeda balap, karena fungsinya sangat vital yaitu persneling dan pengereman. Produsen terbesar yang menyediakan groupset yang ada di sepeda balap adalah Sram, Champagnolo dan Shimano. Masing-masing mempunyai karakteristik, harga, ukuran dan performa yang berbeda. Sebagai contoh, Shimano memiliki 5 level groupset. Oleh karena itu sebelum Anda mengeluarkan kocek untuk road bike, ada baiknya mengetahui groupset yang ada di sebuah produk road bike.

Ukuran dan Kesesuaian

Sangat penting memastikan sepeda balap cocok dengan yang Anda inginkan. Mengendarai sepeda yang tidak cocok dengan Anda pastinya akan sangat tidak menyenangkan, biasanya karena sepeda terlalu ramping atau terlalu lebar sehingga ukurannya tidak cocok dengan tubuh Anda. Dengan mengetahui ukuran yang cocok dengan Anda akan membuat aktivitas bersepeda akan semakin nyaman. 

Perlu diketahui tidak ada ukuran standar dari setiap produsen road bike, dan masing-masing produsen memiliki karakteristik dan desainnya tersendiri. Ada baiknya Anda memiliki pemahaman tentang geometry sepeda dan apakah ukuran dari sebuah produk mempengaruhi performa saat berkendara. Biasanya, produsen road bike memiliki daftar ukuran dari setiap elemen sepeda balap, jadi sangat penting jika Anda menilik terlebih dahulu dari daftar ukuran yang ada dalam paket pembelian. Terdapat tiga ukuran dari rangka sepeda balap, yaitu tradisional, semi compact dan compact.

  • Tradisional

Rangka tradisional memiliki karakteristik ‘top tube’ atau rangka utama yang didesain secara paralel pada lapisan bawah. Terdapat adanya ukuran yang terminimasasi saat pengendara duduk diatas sadle, namun biasanya ukurannya sedikit besar.

  • Compact


Rangka compact terlihat sedikit radikal daripada rangka ‘top tube’ dari rangka tradisional, terlihat adanya tambahan 2 hingga 3 inci dari seatpost jika dibandingkan dengan sepeda horizontal-top. Tipe rangka ini bisa jadi merupakan pilihan yang tepat untuk sepeda balap. 

  • Semi Compact


Rangka semi compact hampir sama dengan rangka compact dengan perbedaan di bagian angle miring di bagian atas yang tidak sama besarnya, sehingga jarak ruangan terkurangi dan bagian rangka atas yang sedikit lebih panjang.

Budget

Sama seperti saat membeli barang lainnya, Anda harus menyesuaikan keinginan dengan budget yang Anda punyai. Jika Anda ingin membeli road bike berkualitas tinggi maka sebaiknya Anda menabung dari sekarang. Road bike yang ada di pasaran memiliki range harga bermacam-macam, dari yang terjangkau hingga yang mahal. Range harga berkisar dari 5 juta hingga puluhan juta tergantung spesifikasi yang dimiliki sebuah produk road bike. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dana untuk aksesoris sepeda seperti sepeatu, pakaian dan pelindung kepala. 

Itulah beberapa tips memilih road bike, pastikan sebelum Anda menginjakan kaki di toko sepeda, alangkah baiknya Anda telah mempunyai berbagai estimasi dana yang harus dikeluarkan untuk sebuah produk road bike. Jika Anda ingin berhemat, banyak toko sepeda yang menawarkan diskon besar-besaran, jadi jangan sampai ketinggalan informasi!