MEDIA PARTNER

Wednesday, April 10, 2019

Tips Memilih Mountain Bike (Sepeda Gunung)

Tips Memilih Mountain Bike (Sepeda Gunung)

Salah satu aktivitas olahraga paling happening di era modern adalah bersepeda gunung. Mountain biking atau bersepeda gunung tumbuh menjadi sangat populer, salah satu faktornya adalah karena bersepeda di jalanan terasa sangat membosankan dan biker membutuhkan medan yang lebih menantang. Bersepeda gunung juga dipopulerkan oleh banyak pendaki dan juga ‘hardcore biker’ yang menyukai adrenalin yang memuncak. 

Selain menyehatkan, biker juga dapat melihat-lihat pemandangan alam yang sangat indah. Bersepeda gunung merupakan olahraga yang berjenis off-road, dimana biker berusaha untuk menaiki permukaan gunung yang biasanya tidak rata. Berbeda dengan sepeda balap yang memiliki medan jalanan yang rata, sepeda gunung harus melewati berbagai permukaan gunung yang kasar. Inilah beberapa tips memilih mountain bike.

Tips Memilih Mountain Bike - Apa itu Mountain Bike


Sebelum Anda membeli mountain bike atau MTB, ada baiknya Anda mengetahui apa itu mountain bike, dan apa yang membedakan sepeda gunung dengan tipe sepeda lainnya. Berbeda dengan road bike atau sepeda balap, sepeda gunung didesain untuk bisa survive diatas permukaan gunung yang seperti Anda tahu, sangat ekstrem! MTB biasanya melewati banyak medan di pegunungan seperti jalan setapak, pinggir jurang, trek hutan ataupun medan curam lainnya di pegunungan. Beberapa medan yang mesti dihadapi adalah bebatuan, tanah gembur, bekas tanah longsor, kerikil, akar-akaran dan lain-lain. MTB didesain untuk bisa melewati medan ekstrem tersebut dan juga mampu melewati berbagai trek yang unpredictable. 

Tips Memilih Mountain Bike - Tipe-Tipe Mountain Bike

Mountain bike memiliki beberapa tipe dan masing-masing memiliki karakteristiknya masing-masing. Jika Anda belum terlalu aware akan tipe-tipe MTB, berikut beberapa tipe-tipe sepeda gunung:

Cross Country (XC)


Sepeda Cross County (XC) didesain untuk kecepatan tinggi, biasanya sangat ringan dan bagus untuk tanjakan. Biasanya dipakai oleh biker yang bernyali tinggi, dan membutuhkan banyak disiplin untuk menguasainya. Ban depan biasanya sangat erat dengan stang, dan karena karakteristiknya yang ‘gesit’ biker bisa menghentak dengan cepat saat terjadi kesalahan. Sesuai dengan namanya, MTB tipe ini bisa melewati jarak yang sangat jauh dan biker harus fokus pada efisiensi dan beban yang ringan. 

Sepeda tipe Cross Country sangat cocok jika Anda akan mengikuti sebuah kompetisi ataupun menjadi ‘hardcore biker’. MTB ini memiliki karakteristik hardtail dan posisi sadel yang menungging. Sepeda gunung jenis ini juga tidak memiliki suspensi belakang karena memang ditujukan untuk akselerasi cepat dan efisien. 

Trail


MTB tipe Trail sebenarnya adalah MTB Cross Country yang dimodifikasi. Tipe sepeda gunung satu ini memiliki berat yang sangat ringan, bahkan lebih ringan dari XC. Suspensi juga dibuat lebih ringan dan halus, agar sepeda bisa melewati berbagai trek super sulit. MTB tipe Trail ini sering dipakai oleh banyak pesepeda ekstrem ataupun para pendaki yang terbiasa melewati medan ekstrem di pegunungan. Jika Anda memiliki teman yang tinggal di pegunungan, maka sepeda tipe Trail ini harus dimanfaatkan. Sama seperti MTB XC, sepeda ini sangat menyenangkan untuk dikendarai terutama saat melewati berbagai trek curam dan berbatu. Bagian depan didesain lebih melebar daripada MTB XC, dan memiliki suspensi travel 5 inci. 

Downhill


Sesuai dengan namanya, MTB jenis ini memang dikhususkan untuk turun gunung. Sepeda downhill didesain berukuran besar dan solid, biker harus menggunakan pelindung kepala full-face dan pelindung badan. Hal tersebut sebagai tindakan preventif, karena aktivitas downhill sangatlah ekstrem dan tidak sembarang orang mau melakukannya. MTB jenis Downhill biasanya memiliki suspensi travel 200 mm dan memiliki rangka yang kuat namun ringan, sehingga biasanya tipe sepeda ini menggunakan material serat karbon.  Karena berukuran besar dan memiliki persneling yang tinggi, sepeda jenis ini hanya cocok untuk permukaan menurun. Aktivitas menuruni gunung bisa membuat adrenalin biker memuncak, selain itu dengan menuruni bukit, biker dihadapkan pada banyak rintangan dan adanya kecelakaan fatal.

Freeride (FR)


MTB jenis Freeride merupakan modifikasi dari Downhill, dan pastinya sangat cocok untuk trek menurun. Namun sedikit berbeda dengan Downhill, MTB jenis Freeride ini memiliki fitur yang lebih condong pada ‘high style’ dan ‘dirtjump’. Memang sangat sulit melihat adanya perbedaan dari Downhill dengan Freeride, namun faktanya memang ada perubahannya seperti Freeride memiliki wheelbases yang lebih pendek dan juga head tube angles yang lebih tinggi. Sepeda Freeride tidak terlalu menekankan pada dimensi berat melainkan pada kekuatannya. Masing-masing komponen terbuat dari material yang lebih kuat dan lebih solid. MTB jenis Freeride ini bisa juga menanjak namun kurang efektif dan sangat susah untuk bermanuver. 

Tips Memilih Mountain Bike 


Tertarik untuk membeli mountain bike? Sebelum Anda pergi ke toko sepeda, ada baiknya membaca beberapa rekomendasi dan tips di bawah ini. Apakah Anda ingin membeli MTB Downhill atau Freeride, beberapa tips di bawah ini bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda membelinya di toko sepeda. 

Budget

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli MTB adalah berapa budget yang kamu miliki. Perlu diperhatikan juga, Anda membutuhkan banyak peralatan tambahan agar kegiatan bersepeda bisa efektif dan nyaman. Beberapa tools tambahan tersebut adalah sarung tangan, wearpack, dan helm. Dewasa ini tersedia banyak MTB berkualitas dengan harga terjangkau, biasanya berbahan rangka aluminum. Perlu diperhatikan juga, semakin ringan rangka MTB, maka semakin mudah dan cepat dalam melewati berbagai trek di pegunungan. 

Tipe-tipe Struktur MTB

Anda juga mesti paham mengenai tipe-tipe struktur MTB, terdapat 3 tipe yaitu hardtail (MTB dengan fork suspensi dibagian depan), rigid (tanpa suspensi), dan full-suspension (sok breker depan dan belakang). Anda bisa memilih dari tipe-tipe tersebut sesuai dengan permukaan gunung yang mungkin akan Anda jelajahi. 

Perawatan dan Penggantian Komponen MTB

Anda juga mesti mempertimbangkan berbagai perawatan dan penggantian komponen MTB seperti rantai baru, ban baru, rem dan lain-lain. Berbeda dengan jenis bersepeda lainnya, MTB lebih mudah rusak (tergantung trek yang dilalui) sehingga biker harus mempersiapkan dana untuk berbagai perbaikan. Anda juga bisa melakukan berbagai perbaikan secara manual terutama jika Anda sudah sangat mastery dalam memperbaiki MTB.

ika Anda ingin produk MTB yang bergaransi dan terdapat berbagai penawaran servis maka Independent Bicycle Dealer (IBD) atau dealer sepeda independen adalah tempat terbaik. Beberapa IBD memiliki situs sehingga Anda dapat menemukan berbagai toko sepeda berkualitas dan Anda bisa melakukan berbagai eksplorasi disana. 

Sebelum Anda menginjakan kaki di dealer MTB independen ada baiknya melakukan berbagai negosiasi, perlu diketahui bahwa beberapa toko sepeda lokal menawarkan berbagai diskon tergantung momen-momen tertentu. 

Browsing Lebih Detail

Tidak diragukan lagi bahwa internet merupakan ‘best place’ untuk melihat berbagai produk-produk MTB terbaik. Berbeda jika kita membeli MTB di toko, dengan Anda browsing lewat internet, Anda bisa menemukan seluruh produk MTB beserta range harga yang ditawarkan. Namun pembelian via internet ada kekurangannya juga, berbeda jika kita membeli MTB di dealer sepeda, jika Anda membeli MTB via internet maka Anda tak bisa mengembalikannya jika rusak. 

Karakteristik MTB adalah memiliki ban 26-inci yang memang menjadi hallmark MTB, dikombinasikan dengan rangka yang agak kecil dan lebih tahan lama. MTB yang baik memiliki ban yang ringan dan kuat sehingga lebih cocok disebut sepeda hybrid. 

Sama seperti device-device lainnya, biker harus informatif terhadap perkembangan teknologi hari ini. Terdapat banyak aksesoris atau fitur yang bisa Anda pertimbangkan untuk diaplikasikan dalam kegiatan bersepeda gunung. Internal gear merupakan system percepatan pada sepeda dengan mekanisme di dalam hub, mudahnya seperti persneling pada kendaraan bermotor. Percepatan dalam IG bervariasi, yg paling umum dijumpai adalah 3 speed.

Internal Gear Hub

Karena MTB pastinya sering melewati tanjakan dan jalan curam, maka diperlukan tool agar sepeda bisa dengan lebih cepat. Salah satu solusinya yaitu internal gear hub, yaitu sebuah komponen yang memiliki sistem percepatan yang ada didalam hub. Jika Anda masih bingung apa itu internal gear hub, Anda bisa melihat persneling di kendaraan bermotor, persis seperti itu internal gear hub.

Biasanya internal gear hub sangat kuat dan membutuhkan sedikit perawatan. Dengan adanya internal gear hub, berat sepeda akan bertambah namun kecepatan juga akan bertambah. Sistem percepatan dalam internal gear hub bisanya 3 speed. Fork suspensi juga mesti dipertimbangkan jika Anda memang akan melewati berbabagai medan ekstrem. Trek off-road memang membutuhkan suspensi yang powerful, namun pastinya akan menambah beban pada sepeda. 

Mesti Pas

Jangan sampai Anda membeli MTB sebelum Anda mengecek ukurannya, sama seperti pakaian yang memang harus sesuai dengan ukuran badan, sepeda pun sama. Kaki harus memijak dengan nyaman pada tanah saat Anda mengendarainya. Sepeda gunung modern memiliki desain sloping top-tube, sehingga rangka dibuat lebih kecil. Hal penting lainnya pastikan jarak tubuh antara sadel ke stang seideal mungkin, Anda bisa melakukan testing pada MTB untuk menentukan apakah MTB tersebut nyaman atau tidak untuk dikendarai. 

Tips Memilih Mountain Bike - Harga Sepeda Gunung


Nah setelah Anda membaca berbagai informasi dan tips mengenai MTB diatas, saatnya Anda memutuskan akan membeli MTB jenis apa. Beberapa tips diatas bisa menjadi referensi agar Anda dapat dengan mudah memutuskan membeli sebuah produk MTB. Langkah terakhir adalah dengan mengetahui harga dari sebuah produk mountain bike. Bagi Anda yang minim dana ataupun hanya sekedar iseng belaka, maka Anda bisa membeli MTB berharga murah, range harga mulai dari 1 juta hingga 2 jutaan tergantung fitur dan material rangka dari MTB tersebut. Dan jika Anda ingin MTB yang lumayan bagus dari segi spesifikasi dan fitur, maka Anda bisa membeli MTB seharga 3 hingga 6 jutaan. 

Nah jika memang Anda seorang biker profesional, ada baiknya Anda membeli MTB yang berkualitas tinggi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, material rangka terbaik untuk sepeda adalah karbon. Beberapa spesifikasi untuk biker pro pastinya lebih high-quality, Anda juga bisa menemukan berbagai produk top-level di IDB ataupun via online. Pastikan juga untuk memenuhi unsur safety saat membeli mountain bike, karena trek pegunungan membutuhkan sepeda yang kuat dan pastinya harus disertai peralatan pengaman agar bersepeda semakin menyenangkan. Itulah beberapa tips memilih mountain bike diatas, semoga bermanfaat dan Anda bisa mendapatkan MTB terbaik sesuai dengan keinginan Anda.

Tips Memilih Mountain Bike - Mountain Bike Terbaik 

Jika Anda memang sedang mencari MTB paling oke dan paling pas dengan budget Anda, berikut kami sertakan beberapa MTB terbaik:

Diamondback Hook Hard Tail

Sepeda gunung ini mungkin bukan yang termurah namun bisa jadi merupakan yang paling recommended yang ada di market MTB dunia.  Setiap tahunnya muncul satu produk MTB yang paling recommended, dan tahun 2016 ini jatuh pada Diamondback Hook Hard Tail. Bagian paling spesial dari MTB ini adalah bagian rangkanya secara keseluruhan. Garis-garis rangka terlihat kokoh dan mengkilap, sepeda ini terlihat sudah tidak sabar untuk masuk trek off-road. Downtube memiliki ukuran besar dengan penggunaan material metal yang ringan tanpa perlu mengganggu kekokohan sepeda secara keseluruhan. Dan hasilnya sepeda memiliki keseimbangan yang pas, menanjak dengan mulus dan menurun pun juga sangat aman.

Diamondback Overdrive 29’er

Diamondback Overdrive 29’er merupakan salah satu sepeda gunung paling favorit tahun ini. Sepeda-sepeda dari Diamondback tidak diragukan lagi memang merupakan yang terbaik di dunia. Overdrive 29’er merupakan sepeda yang dibutuhkan banyak biker di dunia, berbagai upgrade terlihat di komponen-komponennya sehingga tercipta paket sepeda yang lengkap. Jika Anda ingin membeli Diamond Hook Hard Tail namun menyukai ban 29 inci dan berharga terjangkau, maka produk satu ini merupakan pilihan yang tepat. Diamondback Overdrive 29’er didesain untuk trek off-road dan akan sangat efektif untuk trek single. Sepeda ini juga sangat bagus untuk trek curam. 

Nashbar AT1

Nashbar dikenal sebagai produsen yang sering mengeluarkan MTB berkualitas berharga murah. Termasuk salah satunya adalah Nashbar AT1 yang merupakan sepeda yang didesain dengan konsep kreatif. Rangka dari sepeda ini sangat ringan meskipun agak lebih berat daripada Diamondback. Nashbar menggunakan material aluminum 6061 yang juga dipakai oleh sepeda-sepeda Diamondback, jadi tidak ada masalah soal daya tahan MTB ini. Komponen-komponen dari sepeda ini merupakan perpaduan luar biasa yang didesain untuk para biker yang menyukai trek off-road. Keseluruhan pengaturan sepeda menggunakan item Shimano dan Sram, yang merupakan produsen material sepeda paling populer di dunia. 

GT Bikes Karakoram

Sepeda gunung ini memiliki satu selling point paling oke yaitu piringan rem yang berkualitas. Tidak diragukan lagi bahwa piringan rem berkualitas akan memberikan banyak manfaat terutama saat sepeda berada di jalanan berlumpur. Piringan rem yang dimiliki GT Bikes Karakoram juga sangat tahan lama dan didesain dengan sangat presisi.  Sangat sulit untuk menemukan MTB berharga terjangkau dewasa ini, dan GT Bikes Karakoram ini bisa jadi merupakan oase ditengah kelangkaan tersebut. Sepeda ini bisa jadi merupakan yang termurah jika dihubungkan dengan kualitas pengeremannya. Bisa jadi ini merupakan sepeda impian banyak biker diseluruh dunia. 

Diamondback Sorrento

Diamondback Sorrento merupakan salah satu MTB terbaik, plus harganya juga sangat terjangkau. Rangka dari sepeda didesain dengan sangat ringan dan komponen-komponennya juga didesain dengan sangat baik. Rangka yang dipakai menggunakan material aluminum 6061-T6. Diamondback Sorrento bisa jadi merupakan sepeda gunung yang akan kamu cintai sepajang hari karena spesifikasinya yang sangat oke untuk trek off-road. Ban berukuran 27,5 inci membuatnya dengan mudah masuk di bagasi mobil dan bisa dipakai untuk trek-trek ekstrem di pegunungan.