MEDIA PARTNER

Tuesday, April 9, 2019

Tips Memilih Baju dan Celana Yoga – Panduan Kostum Terbaik untuk Yoga

Tips Memilih Baju dan Celana Yoga

Hari ini siapa yang tak kenal yoga, salah satu olahraga tradisional yang sangat happening di era modern terutama bagi kalangan urban. Yoga sepintas terlihat mudah, namun percayalah ini adalah salah satu aktivitas paling sulit yang pernah ada. Yoga tidak hanya mengolah fisik agar lebih sehat namun juga mengolah pikiran dan jiwa agar selaras dan tercipta sebuah harmoni. Meskipun sangat kompleks, banyak orang yang mencintai olahraga ini dan menjadikannya sebagai gaya hidup. Di era yang semrawut seperti sekarang, memang ketenangan merupakan barang mahal. Oleh karena itu yoga menjadi salah satu solusinya dan menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Banyak pemula ataupun yang sudah lama menggeluti yoga memerlukan banyak informasi mengenai pakaian dan celana yang ideal untuk dipakai. Dalam artikel ini Anda akan menemukan informasi menarik tentang tips memilih baju dan celana yoga. 

Inilah Tips Memilih Baju Dan Celana Yoga

Akan sangat penting memilih pakaian dan celana yang tepat untuk aktivitas olahraga ini. Karena olahraga ini membutuhkan banyak peregangan dan juga perubahan posisi dalam waktu yang lama. Pakaian dan celana yang kamu pakai harus sesuai dengan segala hal mendetail pada olahraga yoga. Idealnya pakaian yoga mesti fleksibel dan membantu Anda mencapai pose yang sulit, tanpa perlu khawatir pakaian dan celana Anda robek. Pakaian dan celana yoga yang ideal harusnya membuat pernafasan menjadi semakin mudah. Pakaian Yoga biasanya terbuat dari bahan yang meregang, sehingga tidak membatasi tubuhmu dari asana (postur tubuh ideal pada yoga) dan pergerakan Anda. 

Tujuan utama penggunaan pakaian dan celana yang tepat untuk yoga adalah agar Anda dapat melupakannya sepanjang latihan yoga. Hal tersebut karena Anda tak mungkin untuk terus memikirkan pakaian Anda selama latihan, karena akan gagal fokus. Namun pemilihan pakaian dan celana yang tepat sangatlah vital, hal tersebut terutama agar orang yang memakainya bisa lebih fokus. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa tips pakaian dan celana yoga.
Pilih baju yoga yang mengikat tubuh dengan sempurna, dan membuat pergerakan menjadi semakin mudah. Untuk atasan, Anda bisa memilih pakaian yoga tanpa perlu banyak mengumbar permukaan kulit. Dalam yoga, pastinya Anda tak menginginkan pakaian yang terlalu tertarik-tarik sehingga tak nyaman dipakai. Tank top berbahan katun merenggang atau kaus oblong berfungsi dengan baik baik bagi pria ataupun perempuan. Hindari atasan dengan bagian leher yang longgar atau adanya kerah, hal tersebut akan mengganggu saat inversi. Perempuan harus menggunakan bra agar aktivitas yoga bisa dilakukan dengan mudah. 

Untuk celana, pilihlah celana yang memiliki bahan elastis dan yang sesuai dengan postur tubuh. Untuk wanita, celana yoga biasanya juga bisa dilipat sehingga memberikan kesan nyaman maksimum. Celana yoga bergaya capri juga sangat populer baik bagi perempuan maupun pria. Untuk pria, celana yang biasa dipakai oleh peselancar juga bisa dipakai saat latihan yoga. 

Perlu diketahui, pakaian yoga yang ada pasaran tersedia dengan banyak pilihan serat alam seperti bambu, katun ataupun linen untuk yogis yang sering melakukan aktivitas yoga di alam terbuka. Agar bisa berharmonisasi dengan efek Zen saat yoga, ada baiknya menggunakan pakaian yang memiliki warna terang dan warna alamiah. 

Pemula bisa merasakan kenyamanan seperti yogis berpengalaman dengan menghindari beberapa detail seperi celana yang terlalu longgar, sehingga akan selip dan membuat posisi yoga menjadi tidak nyaman. Celana kolor tidak direkomendasikan, karena tidak nyaman saat tubuh bertumpu dibagian perut. Hindari juga penggunaan celana pendek terbuka terutama pada saat pose tubuh terbalik. 

Latihan yoga sangat berbeda dengan jenis latihan fisik lainnya, ini bukan merupakan sebuah kompetisi. Ini juga bukan tentang standar opini dan kecantikan. Yoga adalah sebuah proses untuk mengenal lebih mendalam diri sendiri, sehingga perjalanan hidup akan terbuka selebar-lebarnya. Dalam yoga kamu diundang untuk memakai apapun yang membuatmu merasa nyaman, baik budi dan terhormat. Intinya jadilah diri sendiri!

Yoga pada saat dini hari dapat sangat menenangkan sebelum melakukan pemanasan. Dalam beberapa kelas yoga, disediakan lebih banyak ruang didalam gym dimana AC digunakan, terkadang dengan suhu yang sangat minim. Agar terhindari dari kedinginan ekstrem, gunakan pakaian yoga yang berlapis sehingga akan terasa hangat dan nyaman. Sebuah selendang atau syal wool yang digunaka dengan sweater lengan panjang akan sangat berguna seperti tikar yoga. Penggunaan syal double juga diperlukan sebagai selimut pada saat yoga nidra, relaksasi dengan berbaring. 

Walaupun yoga tidak terlihat seperti olahraga yang membuat tubuhmu mengeluarkan banyak keringat, namun faktanya setelah melakukan berbagai asana, Anda akan merasakan tubuh Anda mengeluarkan keringat. Hal tersebut tentunya membuat Anda harus menggunakan pakaian atau celana yang menyerap keringat dan kelembaban. Pilihlah pakaian yang terbuat dari material penyerap panas, seperti katun, linen ataupun bambu. 

Pilihlah pakaian dan celana yoga yang ringan dan mudah untuk dicuci. Pakaian yoga berbahan katun sangat direkomendasikan karena sangat nyaman dan membuat tubuh mudah dalam bernafas. Sangat penting juga untuk memakai pakaian yang sesuai dengan postur tubuh. Pilihlah pakaian dan celana yang memiliki ukuran yang pas daripada harus memilih ukuran yang terlalu besar ataupun terlalu kecil. Cara terbaik untuk mendapatkan pakaian dan celana yoga terbaik adalah dengan melakukan tes peregangan saat membelinya disebuah toko. Hal ini akan membantu Anda menemukan pakaian dan celana yoga yang tepat. 

Kostum yoga yang Anda miliki tidak harus selalu stylish, namun yang paling penting adalah kostum tersebut dapat memberikan kebebasan dalam bergerak. Ha tersebut karena konsentrasi yoga akan terfokus pada pergerakan tubuh, memperbaiki flesibiltas dan merubah banyak posisi tubuh. Jika pakaian dan celana Anda terlalu ketat maka bis saja pergerakan otot Anda akan terganggu. Pakaian dan celana ketat juga dapat memutus aliran darah dan sirkulasi udara sehingga tubuhmu akan cepat lelah dan sesak di dada, terutama saat berada pada posisi yang sulit. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih pakaian dan celana yoga yang terbuat dari bahan merenggang.

Penggunaan pakaian yang tepat sepanjang latihan yoga akan membuat Anda lebih fokus pada posisi-posisi yoga dan akan terhindar dari perasaan sulit dan bimbang. Beberapa tipe pakaian yang sering dipakai untuk yoga adalah sweater lengan panjang, triko, celana ketat, tees, tank top dan lain-lain. Beberapa gerakan pada yoga sangat cepat dan beberapa lainnya sangat santai, sehingga Anda harus memilih kostum yang tepat untuk diri Anda sendiri. Anda bisa melakukan berbagai pose yoga didalam rumah, garasi, ataupun di taman. Namun pakaian yang Anda gunakan akan membuat banyak perubahan. Yoga tidak memerlukan banyak konsep dan juga pengaturan kostum, semuanya hanya tentang selera dan style dari masing-masing yogis.

Brand Pakaian Yoga Terbaik di Dunia

Nah setelah Anda mengetahui berbagai tips-tips baju dan celana yoga diatas maka step selanjutnya adalah menemukan marketplace yang tepat. Yoga merepresentasikan sebuah perjalanan, jadi gunakan waktumu sebentar untuk melihat beberapa brand pakaian yang mengkhususkan diri dalam menyediakan berbagai pakaian yoga, berikut daftarnya: 

  • Mika

Mika merupakan salah satu penyedia berbagai pakaian unik untuk berbagai aktivitas, salah satunya adalah pakaian yoga. Perusahaan clothing satu ini menekankan pada keindahan dan keunikan dari tubuh wanita dan bekerja keras untuk menghasilkan produk yang membuat banyak wanita tersenyum. Produk-produk mereka seperti celana dalam, kapri, atasan, dan lain-lain didesain agar lebih fleksibel pada saat sesi hot yoga. Produk-produk dari Mika sangat nyaman dipakai apapun gerakan dan pose dari latihan yoga. Kemanapun Anda bergerak, produk-produk dari Mika akan mengikuti Anda. Produk pakaian yoga dari sangat cocok dipakai pada saat hot yoga, bikram yoga, power yoga, vinyasa yoga dan lain-lain. Jika Anda sedang mencari pakaian dan celana yoga terbaik, maka Mika bisa menjadi marketplace terbaik. 

  • Zella


Zella merupakan salah satu clothing brand yang mengkhususkan diri di market pakaian yoga. Brand satu ini menawarkan produk-produk murah untuk pria maupun wanita dewasa, bahkan juga remaja dengan harganya yang sangat kompetitif. Zella juga memiliki program Zella Pro sehingga Anda bisa mengikuti berbagai diskon dan juga kelas-kelas yoga. Anda bisa menemukan berbagai pakaian dan celana yoga di Zella.

  • Lululemon


Lululemon bisa jadi merupakan clothing brand yoga terbesar di dunia. Anda bisa menemukan berbagai produk-produk kapri dan tees di Lululemon agar aktivitas yoga Anda semakin menyenangkan. Yoga merupakan latihan fisik dan spiritual untuk berbagai umur dan tingkatan pengalaman, oleh karena itu Lululemon menyediakan banyak produk dengan berbagai style dan taste. 

  • AloYoga

AloYoga merupakan salah satu clothing brand yoga terpopuler, khususnya di Instagram. Berbasiskan di Los Angeles, AloYoga menawarkan kualitas maksimal, inovasi brilian, dan pakaian yoga yang sangat stylish. Yang membuat AloYoga standout di market pakaian yoga di dunia karena perusahaan ini menggunakan tester yang juga seorang yogis, jadi pastinya produk-produknya  tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Anda bisa menemukan berbagai equipmen yoga seperti legging, tees, pants dan lain-lain tentunya dengan material yang sangat nyaman dan membuat tubuh mampu fokus pada saat asana. 

  • Old Navy


Old Navy merupakan salah satu destinasi terbaik untuk menemukan berbagai produk-produk pakaian yoga murah. Beberapa tahun silam, Old Navy mengkhususkan diri pada pakaian olahraga termasuk pakaian yoga. Sekarang Old Navy menawarkan banyak produk yoga dengan berbagai macam ukuran dan jenis. Untuk kepentingan yoga, Anda bisa menemukan top & crop, pants, tees, legging, T-strap dan lain-lain, tentunya dengan harga terjangkau. Jika Anda tak percaya, langsung saja kunjungi situsnya.

  • Lily Lotus

Lily Lotus merupakan perusahaan yang berbasiskan gaya hidup alami sehingga terpancar nuansa berwarna, eksotis dan cantik. Lahir pada tahun 2011 yang lalu, Lily Lotus kini menjual berbagai pakaian yoga bagi para yogis di seluruh dunia. Lily Lotus memiliki kantor pusat di Oahu, Hawaii sehingga kesan cantik dan eksotis dari pulau ini terpancar pada setiap produk-produknya. Dikenal sebagai brand penyedia pakaian yoga stylish, Lily Lotus telah tumbuh dengan berbagai koleksinya terutama untuk para wanita modern yang aktif. Material dari produk-produk Lily Lotus juga sangat nyaman sehingga menginspirasi banyak orang untuk lebih positif dan lebih mudah dalam menemukan dirinya. Produk pakaian dan celana yoga yang dimiliki Lily Lotus sangat mudah untuk digunakan sekaligus stylish. 

  • Soybu


Berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan, Soybu memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan alami seperti kedelai, bambu, katun organik, dan juga bahan-bahan bisa didaur ulang. Soybu dalam situsnya memiliki visi sederhana yaitu agar para wanita terlihat lebih feminin, stylish dan nyaman meskipun pada saat aktivitas paling sibuk sekalipun. Material dari produknya juga sangat eco-friendly jadi sesuai dengan visi dari yoga yaitu back to nature. Soybu memiliki filosofi yaitu hidup adalah tentang keseimbangan, menyeimbangkan aktivitas olahraga dengan liburan dan pekerjaan dengan hal-hal menyenangkan. Filosofi tersebut terepresentasi dalam setiap produk pakaian dan celana yoga dari Soybu. Anda bisa menemukan berbagai apparel yoga seperti pants, legging, kapri dengan mudah di Soybu. Produk-produk dari Soybu didesain untuk tahan terhadap segala renggangan saat aktivitas yoga. 

  • Prana

Prana merupakan marketplace terbaik untuk para yogi yang penuh perasaan dan perduli akan imbas dirinya sendiri pada dunia. Dalam situs resminya, Prana mengklaim telah menciptakan pakaian dan aksesoris yang fleksibel, stylish dan berkelanjutan. Mengapa Prana bisa mengklaim seperti itu? Jawabannya adalah karena memiliki team yang memiliki background yogis, pendaki dan traveler diseluruh dunia. Prana menggunakan berbagai pengalaman dan pengetahuan dalam membuat pakaian yoga yang ideal. Perusahaan ini juga fokus pada hal-hal mendetail, dan tidak ragu untuk mengaplikasikan warna dan pola aneh dalam setiap produk-produknya. Terdapat juga kombinasi antara style klasik dengan material modern, sehingga tercipta produk pakaian yoga berkualitas. 

Pakaian yoga dibuat dengan bahan-bahan alami seperti serat alami, katun organik dan material yang bisa didaur ulang. Produk-produk dari Prana diproduksi dengan menggunakan sangat sedikit bahan kimia, dan perusahaan ini memiliki komitmen bagi pembangunan berkelanjutan. Karena konsepnya yang selaras dengan harmoni, Anda bisa menemukan kustom yoga ideal di Prana ini. 

Setelah Anda menemukan clothing brand yoga terbaik di dunia, pastinya Anda telah menemukan sumber ketenangan paling awal yaitu pakaian yoga. Setelah Anda menemukan pakaian dan celana yoga yang paling pas, pastinya aktivitas yoga pun akan semakin menyenangkan dan Anda akan lebih mudah bermeditasi. Berkomitmen pada satu marketplace memang merupakan ide bagus, namun menjadi buruk jika Anda tidak menengok marketplace lainnya. Anda harus membuka mata untuk melihat berbagai produk-produk pakaian yoga terbaik di brand-brand populer diatas. 

Yoga tidak diragukan lagi merupakan kombinasi dari tradisi dan modern, dan juga fisik dan spiritual sehingga aktivitas ini membutuhkan banyak pemahaman tidak hanya soal perenungan namun juga pakaian yang tepat untuk dipakai. Setelah Anda membaca tips-tips dan juga review brand-brand diatas, pastinya Anda telah menemukan berbagai konsep dan ide sebelum membeli pakaian dan celana yoga. Berbagai informasi penting diatas, bisa menjadi sumber terbaik untuk menemukan pakaian yoga yang fungsional sekaligus stylish. Namun harus diperhatikan bahwa yoga membutuhkan konsentrasi total, jangan sampai pakaian yoga yang Anda miliki akan mengganggu keseluruhan dari proses meditasi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, tujuan pemakaian pakaian yang tepat untuk yoga adalah agar yogis dapat melupakan pakaian tersebut.