MEDIA PARTNER

Saturday, April 13, 2019

Review Kamera Blackmagic Pocket – Kamera Sinematografi Mungil dan Powerful

Review Kamera Blackmagic Pocket

Blackmagic, salah satu perusahaan yang fokus di bidang teknologi kamera video mengeluarkan sebuah kamera sinematografi ‘mungil dan powerful’ yaitu  Blackmagic Pocket Cinema Camera. Dengan device keren satu ini, anda bisa merekam berbagai scene video dengan kualitas Full HD, dan karena desainnya yang pocketable membuat kamera video satu ini bisa dibawa kemanapun anda mau. Meskipun ‘mungil’ namun Blackmagic Pocket Cinema Camera ini memiliki spek gahar yang menyamai kamera sinematografi besar lainnya. Beberapa fitur begitu poweful seperti resolusi kamera hingga 4K, DaVinci Resolve, Lensa Micro Four Third dan lain-lain. Karena ukurannya yang kecil membuat device satu ini bisa dengan mudah masuk dalam kantong celana, so agar tidak penasaran berikut review singkat kamera sinematografi Blackmagic Pocket.

Review Kamera Blackmagic Pocket

Desain


Yang membuat unik kamera satu ini adalah keseluruhan dari desainnya yang merepresentasikan kamera modern. Blackmagic Pocket Cinema Camera sangat tipis dan ringan, dengan balutan material magnesium-alloy membuat kamera ini begitu ‘joyful’ namun tetap elegan. Di bagian belakang dari Blacmagic Pocket anda bisa menemukan LCD 3.5 inci dan juga berbagai knob seperti auto-focus, power, menu , tombol rekam, kontrol playback dan lain-lain. Di sisi kiri anda juga dapat menemukan port inputs/outputs untuk layar eksternal, power dan sound system. 

Secara keseluruhan tampilan dan desain dari Blackmagic Pocket ini sangat simpel sehingga anda akan merasakan sebuah device yang canggih namun memiliki part-part desain yang begitu ‘polos’. Kamera sinematografi ini juga tidak terlalu memberikan banyak pilihan kontrol menu sehingga filmmaker harus menggunakan berbagai teknik tertentu agar hasil video bisa didapat dengan sempurna. 

Blackmagic Pocket tidak diragukan lagi merupakan kamera yang memiliki kualitas HDR dalam sebuah perangkat berukuran mini, jadi kali ini Anda dapat merekam video berkualitas sinematografi dimanapun Anda berada. Anda bisa melakukan shooting film dokumenter, film independen, citizen journalism, produksi sitkom televisi, ataupun periklanan dalam sebuah perangkat portable ini!. Dengan ukurannya yang mini tersebut, Anda dapat dengan mudah memotret atau merekam momen-momen bersejarah seperti demonstrasi, konser musik, hal-hal aneh dan lain-lainnya dengan kualitas sinema dan terlihat realistik. Tidak diragukan lagi, bahwa Blackmagic Pocket merupakan sebuah revolusi dalam dunia fotografi.

Didesain sebagai kamera film digital paling mungil di dunia, kamera ini memiliki berat yang sangat ringan namun elegan, dan bisa masuk di saku Anda dengan mudah. Kamera mungil ini juga terintegrasi dengan microphone stereo sehingga Anda bisa menghasilkan sebuah rekaman video dengan kualitas mumpuni. Bagian baterai juga didesain dengan konsep user-friendly, Anda bisa menggantinya dengan mudah, jadi sangat cocok jika Anda sering bepergian di pegunungan untuk melakukan camping dan hiking. 

Kamera berukuran besar tidak mungkin berubah menjadi kecil, sedangkan Blackmagic Pocket bisa berubah menjadi besar tentunya dengan bantuan adaptor yang dikonversikan dengan lensa lain yang lebih besar. Hal ini berarti Anda bisa menggunakan berbagai lensa pro untuk menghasilkan grafis yang lebih berkualitas. Anda bisa mengintegrasikan Black Magic Pocket ini dengan berbagai lensa-lensa yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi lagi. 

Spesifikasi


Dengan sensor 1080HD Super 16mm membuat kamera ini mampu memberikan kualitas gambar yang setara dengan kamera-kamera besar lainnya. Beberapa review memperlihatkan bahwa tidak ada kamera poket yang mampu  memotret dengan presisi pada ruangan minim cahaya, slow motion, resolusi  4K sebagus Blackmagic Pocket. Yang berarti  Blackmagic Pocket ini memiliki lebih banyak jangkauan dinamis dan mendetail daripada kamera-kamera DSLR lainnya. 

Namun ‘kue utama’ dari kamera sinematografi ini terletak pada kemudahan dalam penggunaannya. Kesan ‘ease of use’ ini juga terletak pada spesifikasinya seperti sensor Super 16 yang memiliki sistem High Dinamic-Range 13 Stop sehingga filmmaker akan dimanjakan dengan fleksibelnya kamera ini dalam merekam baik itu dalam ruangan terang ataupun gelap. Resolusi kamera high-level tersebut tentunya menghasilkan video beresolusi Losless yang memiliki format Cinema DNG dengan kualitas RAW. Selain itu bagi anda yang menginginkan scope kamera yang lebih lebar, bisa memanfaatkan Lensa Micro Four Third. Lewat mounting standar, anda bisa menggunakan berbagai lensa tambahan dari device-device lainnya. Lensa dari Blacmagic Pocket ini memiliki fitur canggih untuk pengambilan video berlatar ruangan lebar yaitu Electric-Diafragma (EVF)

Di bagian belakang kamera, Anda bisa menemukan layar non-touch screen berukuran 3,5 inci. Layar terlihat tidak begitu cerah dan agak sedikit sulit untuk dilihat saat berada pada siang hari. Dibagian samping, Anda bisa menemukan port pengecasan, headphone, HDMI out, port LANC dan microphone. Tidak terdapat banyak tombol hardware disekitar kamera Blacmagic Pocket ini, dan juga tidak terdapat pengaturan tambahan seperti ISO dan white balance. Pengguna harus melakukan berbagai pengaturan di menu dan hal ini akan terlihat sedikit membingungkan terutama bagi yang menyukai akses cepat. 

Bagian baterai dari Black Magic Pocket ini memang didesain removable, sehingga Anda bisa menggantinya kapanpun Anda mau. Dalam beberapa review di situs-situs gadget memperlihatkan bahwa bagain baterai dari Black Magic Pocket ini tidak terlalu powerful, bahkan setelah dicharge berjam-jam namun baterai tidak terisi dengan penuh. Meskipun diisi dengan penuh, namun setelah dipakai untuk kegiatan fotografi ataupun videografi, baterai cepat habis dan harus dicas ulang. Oleh karena itu sangat recommended untuk menyediakan baterai cadangan agar kegiatan videografi maupun fotografi tidak terganggu.

Apakah Anda Perlu Membeli Blackmagic Pocket Ini?

Kamera sinematografi ini memang memiliki desain yang simpel namun juga memiliki spek gahar. Blacmagic Pocket sangat cocok bagi pemula yang tidak sempat membeli berbagai peralatan sinematografi berukuran besar, namun bagi seorang pro sekalipun, device ini juga sangat recommended. Kamera ini memiliki bandrol yang jauh lebih murah dari kamera-kamera pro lainnya namun memiliki hasil gambar yang luar biasa. 

Videografer yang ingin memiliki gadget yang pas untuk kegiatan sinematografi bisa memilih kamera Black Magic Pocket ini, namun perlu diperhatikan bahwa gadget ini tidak 100% sempurna. Termasuk dalam hal desain, bagian menu dan juga navigasi setting terlihat agak menyusahkan. Anda juga memerlukan device tambahan seperti lensa, aksternal audio, monitor preview dan beberapa peralatan lain agar kegiatan sinematografi yang ideal bisa dicapai. 

Namun faktanya Anda juga harus melakukan hal yang sama dengan kamera DSLR lainnya. Device ini bisa jadi sangat cocok bagi videografer amatir atau rumahan yang tidak memerlukan rig sempurna untuk melakukan kegiatan videografi. Untuk menghasilkan karya sinema yang bernilai, tentunya Anda membutuhkan skill mumpuni terutama saat menggunakan kamera Black Magic Pocket ini.

Karena mengusung konsep minimalis, kamera ini memiliki berbagai keterbatasan-keterbatasan, namun bagi anda yang menyukai kamera pocket dengan spek gahar, Blackmagic Pocket ini  sangat worth it!