MEDIA PARTNER

Wednesday, April 10, 2019

Keuntungan Standing Desk/Meja Berdiri Bagi Kesehatan

Keuntungan Standing Desk/Meja Berdiri Bagi Kesehatan

Di era modern ini,  kesadaran akan hidup sehat dan bahagia semakin meningkat tajam terutama di negara-negara maju. Beberapa inovasi ataupun ide-ide diterapkan sebagai solusi hidup sehat, tentunya dengan berbagai penelitian-penelitian yang mendasarinya. Salah satu properti yang sering digunakan untuk mendorong orang untuk hidup sehat adalah standing desk atau meja berdiri. 

Apa itu standing desk? Apakah memang benar standing desk merupakan solusi tepat untuk hidup sehat? Lalu apa yang mendasarinya? Apa keuntungan standing desk lainnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang akan terus menempel di benak kita jika mendengar kata standing desk, namun tenang saja karena anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dibawah ini.

Apa itu Standing Desk?


Pernahkah anda pernah berpikir untuk memiliki sebuah standing desk? Bisa jadi anda memikirkan sesuatu yang tidak dipikirkan orang lain, meskipun tren penggunaan standing desk ini sudah ada sejak bertahun-tahun kebelakang. Standing desk biasanya dipakai orang untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan karena terlalu lama duduk. Standing desk atau biasa disebut juga stand-up desk pada dasarnya merupakan sebuah meja yang membuat anda akan tetap berdiri selama bekerja. 

Meja ini pada dasarnya juga mempunyai ukuran lebih tinggi dari pada meja seperti umumnya. Mayoritas dari standing desk ini memiliki ukuran flat, namun ada juga yang adjustable atau bisa diatur ketinggiaannya sehingga orang bisa menggunakannya dengan berdiri ataupun duduk. Tipe meja yang bisa diatur ketinggiannya juga disebut height-table desk atau sit-stand desk. 

Karena penggunaan standing desk masih sangat-sangat ekslusif dan biasanya diletakan di lokasi-lokasi tertentu seperti kantor, universitas, rumah sakit dan lain-lain, maka penelitian belum mengungkapkan secara siginifikan mengenai manfaat-manfaatnya untuk kesehatan. Namun beberapa review mengenai standing up desk ini mengemukakan tentang adanya peningkatan produktivitas pada orang-orang yang menggunakan standing desk. Minimal dengan menggunakan jenis meja seperti ini bisa terhindar dari efek berbahaya yang terjadi karena terlalu banyak duduk.


Standing desk juga dipercaya dapat meningkatkan kesadaran moral sesorang selain karena standing desk membuat orang terlihat lebih dinamis dan atraktif. Faktanya memang dengan adanya standing desk membuat banyak orang berhenti untuk duduk, oleh karena itu logika sederhananya adalah mana yang lebih baik berdiri atau duduk? Berlawanan dengan keyakinan banyak orang, science belum memastikan berdiri itu lebih baik. Terlalu banyak duduk memang meningkatkan risiko gagal jantung atau harapan hidup yang lebih sedikit, begitulah science memastikan akan potensi karena terlalu lama duduk.

Namun lewat analisa yang dipublikasikan oleh Cochrane Database of Systematic Reviews sangat berbeda dengan pandangan orang tentang tren standing desk ini. Hanya sedikit bukti mengenai manfaat standing desk untuk kesehatan. Standing desk tidak hanya memotong waktu duduk seseorang namun pemotongan waktu tersebut hanya memiliki manfaat yang tidak signifikan.

Namun James Levines yang seorang endocrinologist dari Mayo Clinic mengatakan bahwa manusia memang mayoritas waktunya digunakan untuk duduk, karena kebiasan tersebut membuat risiko terkena penyakit ganas akan semakin mudah. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa orang dengan kumulatif duduk tinggi bahkan sepanjang hari sangat berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan mulai dari diabetes, obesitas ataupun kangker. 

Saking bahayanya, aktivitas duduk bahkan memiliki jargon tersendiri yaitu ‘new smoking’, karena efek yang ditimbukannya sama seperti orang merokok. Oleh karena itu Levine mengatakan bahwa manusia membutuhkan variasi seimbang antara duduk, berdiri, jalan kaki dan aktivitas tubuh lainnya, Levine mengatakan bahwa salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan standing desk.

Penggunaan Standing Desk


Dengan semakin banyak dan semakin seringnya pekerjaan yang memang diharuskan untuk terus duduk maka semakin banyak pula orang yang memerlukan solusi terutama mengenai bahaya terlalu lama duduk. Beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes hingga sakit jantung sering dihubungkan dengan minimnya aktivitas gerak yang dilakukan banyak orang. Salah satu penyebab utama dari hal ini adalah banyaknya pekerjaan yang mengharuskan orang untuk terus duduk sepanjang hari.

Salah satu solusi dalam menangani hal ini adalah merubah meja konvensional anda dengan standing desk atau meja berdiri. Namun sebelum anda membaca beberapa keuntungan standing desk, anda harus tahu mengenai cara paling tepat dalam penggunaan standing desk.

Ketinggian Yang Tepat

Penggunaan efektif terhadap standing desk sangatlah penting untuk memaksimalkan berbagai manfaat kesehatan dan menghindari adanya cedera pada tubuh. Ketinggian meja harus sesuai dengan tinggi badan anda. Idealnya ketinggian meja sejajar atau sedikit lebih rendah dari siku anda. Meja tersebut harus diseting agar ideal dengan lengan anda, sehingga membentuk pola 90o  ketika sedang mengetik keyboard atau menggunakan mouse. Monitor harus ditempatkan dengan jarak 15 hingga 30 inci jauhnya dari mata anda. Hal ini agar anda bisa dengan nyaman mengakses komputer dan menghidari adanya cedera pada siku, telapak tangan dan mata anda.

Postur yang Tepat

Saat anda bekerja dengan menggunakan standing desk, anda harus memastikan tubuh anda dalam posisi nyaman. Sebaliknya, jika postur anda tidak tepat maka akan menimbulkan efek buruk terutama untuk otot-otot tertentu. Postur ideal adalah dengan membengkokan lutut anda sedikt dan jangan terlalu kaku sehingga posisi tubuh anda flat horizontal. Alangkah baiknya untuk merubah tekanan dari lutut dari kaki kiri ke kaki kanan sehingga akan terasa semakin nyaman. Atur monitor sehingga anda bisa melihatnya dengan nyaman, dan anda tak perlu membungkukan badan untuk melihatnya.

Penting juga untuk menggunakan sepatu yang tepat saat bekerja pada standing desk. Hindari penggunaan sepatu yang tidak nyaman karena hal itu akan terasa menyakitkan dan menjadikannya sulit untuk berdiri.

Sepatu yang Tepat

Jika anda memang bekerja dengan berdiri maka anda memerlukan sepatu yang nyaman. Dan merupakan ide buruk bagi perempuan untuk memakai high hell saat bekerja didepan standing desk. Ide bagus untuk menggunakan sneaker, flip-flop atau apapun yang bisa membuatmu nyaman. Jika tempat kerja anda memang memiliki atmosfir santai dan tidak terlalu formalistik maka ide bagus untuk bertelanjang kaki.

Keuntungan Standing Desk


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, belum ada penemuan total tentang bahaya duduk lama atau manfaat standing desk untuk kesehatan. Namun penelitian mengungkapkan secara clear bahwa kurangnya gerak merupakan penyebab utama penyakit-penyakit seperti obesitas, diabetes, sakit jantung dan lain-lain. ‘Sedentary job’ merupakan sebutan bagi pekerjaan yang membutuhkan duduk sepanjang hari, dan itu anda bisa saksikan sendiri, bahwa ‘sedentary job’ ini merupakan hal umum. Hubungan antara duduk dengan obesitas dikemukakan oleh American Cancer Society yang menemukan bahwa orang yang berdiri at least 8 jam perhari bisa mengurangi kemungkinan terkena obesitas. 

Oleh karena itu diperlukan solusi konkrit untuk mengatasi agar orang tidak terllau lama duduk, dan antidotnya adalah standing desk atau meja berdiri. Teori konkritnya adalah dengan berdiri saat bekerja anda dapat membakar banyak kalori daripada duduk berjam-jam lamanya. Agar anda semakin percaya atau setidaknya berpikir tentang pentingnya standing desk ini, berikut beberapa keuntungan standing desk bagi kesehatan:

Mengurangi Resiko Terkena Obesitas

Obesitas pada dasarnya adalah menerima terlalu banyak kalori daripada membakarnya. Sebaliknya, jika terlalu banyak kalori maka hasilnya penurunan berat badan. Langkah efektif untuk membakar kalori dengan cepat adalah melalui latihan-latihan fisik seperti senam misalnya, dan memilih untuk berdiri daripada duduk juga salah satu cara terbaik dalam membakar kalori.

Dalam beberapa penelitian yang berhubungan dengan physiological mengemukakan bahwa banyak keuntungan yang didapat saat menggunakan standing desk daripada duduk. Dalam penelitian mengemukakan bahwa orang partisipan yang menggunakan standing desk meningkat denyut jantungnya lebih dari 8 kali per menit. Perlu diketahui bahwa peningkatan denyut jantung ini hampir menyamai penggunaan treadmill yaitu peningkatan denyut sebanyak 12 kali per menit

Levine dari Mayo Clinic mengatakan bahwa untuk menghindari obesitas langkah pertama adalah berdiri, langkah kedua adalah berdiri lebih lama dan langkah ketiga adalah setelah berdiri maka bergeraklah. Levine menemukan bahwa ketika seseorang berdiri maka kemungkinan besar ia akan bergerak. Levine juga mengatakan bahwa diperlukan standing desk untuk mendorong orang agar berdiri dan bergerak lebih lama lagi.

Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Pada dasarnya, lebih banyak peningkatan kadar gula dalam darah sesaat setelah makan maka semakin buruk hal tersebut bagi kesehatan.  Hal tersebut terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan insulin lemah. Didalam sebuah penelitian yang menganalisa 10 pekerja kantoran, berdiri 180 menit setelah makan siang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sebanyak 43% dibandingkan dengan duduk setelah makan.

Beberapa penelitian juga dilakukan oleh Levine yang memperlihatkan adanya korelasi antara berdiri dengan kadar gula dalam darah.  Levine mengungkapkan bahwa duduk dengan waktu yang lama akan mengurangi efektifitas pengurangan kadar gula dalam darah, kondisi tersebut dinamakan dengan metabolic syndrome yang akan meningkat hingga level tipe 2 diabetes yang sangat berbahaya.

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Hubungan antara terlalu lama duduk dan resiko terkena penyakit terdapat dalam sebuah penelitan pada tahun 50an yang dilakukan oleh peneliti asal Inggris. Peneliti Inggris membandingkan rata-rata serangan jantung antara supir bus (yang duduk) dengan kondektur (yang berdiri) dan menemukan bahwa supir bus lebih banyak terkena serangan jantung dan masalah kesehatan lainnya dibandingkan dengan kondektur. Ya bukan rahasia lagi bahwa duduk terlalu lama sangat berbahaya bagi kesehatan dan standing desk atau meja berdiri dapat memberi solusi akan masalah ini. Standing desk dapat membuat orang terbiasa untuk berdiri dan bergerak sehingga kesehatan jantungnya bisa terjaga.

Menurunkan Risiko Terkena Kangker

Beberapa penelitian juga mengungkapkan fakta ilmiah mencengangkan yaitu terlalu lama duduk bisa meningkatkan risiko terkena kangker. Kangker payudara ataupun kangker usus besar disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Mekanisme pokok mengapa duduk dapat meningkatkan risiko terkena kangker belum sepenuhnya clear, namun beberapa peneliti telah menemukan adanya biomarker seperti protein C-crative yang terdapat dalam jumlah banyak pada orang yang duduk dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dihubungkan dengan resiko tinggi terkena penyakit kangker.

Meningkatkan Mood

Standing desk juga diklaim dapat meningkatkan mood seseorang. Didalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa partisipan yang menggunakan standing desk selama seminggu mengalami peningkatan mood yang drastis, menjadi lebih bersemangat, berenergi dan ceria. Dan ketika partisipan tersebut kembali ke tempat duduknya, moodnya langsung turun dengan drastis. Hal inilah yang membuat standing desk diperlukan diberbagai tempat seperti kantor, sekolah ataupun rumah agar orang-orang yang memakainya lebih bersemangat dan ceria sehingga pekerjaan apapun bisa dikerjakan dengan antusias dan cepat.

Produk Standing Desk Terbaik 

Meskipun belum clear, namun keuntungan dari pemanfaatan standing desk sangatlah banyak terutama yang berhubungan dengan tingkat gerak seseorang. Nah langkah selanjutnya adalah anda memerlukan produk-produk standing desk terbaik yang ada di pasaran, berikut beberapa produk standing desk terbaik:

  • Focal Locus 

Inilah standing desk yang lebih didesain untuk seniman ataupun desainer yang membutuhkan area agak lebar ddan pencahayaan yang baik. Anda dapat menempatkan laptop diatas meja beridiri ini, namun anda juga bisa menempatkan monitor yang lebih besar. Standing desk ini juga memiliki hand crank sehingga anda bisa mengatur kenyamanan tangan, sebuah lubang untuk gelas, dan port untuk berbagai kabel. Standing desk ini juga kompatibel dengan Locus Seat  yang membuat anda bisa dengan mudah berdiri dan duduk.

  • StandDesk 

StandDesk merupakan standing desk minimalis dan merupakan pilihan terbaik bagi anda yang menginginkan standing desk yang fungsional dan berharga murah. Namun anda juga dapat memilih berbagai pilihan warna yang catchy dan beberapa pilihan aksesoris termasuk power strip, namun secara keseluruhan standing desk ini sangat minimalistic. Material dari standing desk ini tidak seberkualitas standing desk yang lain, namun hal tersebut sangat sesuai dengan fungsionalitas dan harganya.

  • 3UpDesk UpWrite 

UpDesk UpWrite juga mempunyai desain yang simpel dan minimalistic sama seperti NextDesk. Namun bedanya standing desk ini lebih menekankan pada style, terutama karena standing desk ini memiliki desain lengkungan dan permukaan yang sangat modern. Sehingga anda tidak akan cepat bosan dan anda juga dapat memanfaatkan permukaan standing desk ini sebagai whiteboard.

  • NextDesk Terra 

NextDesk Terra mempunyai semua fitur terbaik dari standing desk modern lainnya di pasaran namun dengan satu kekurangan, harganya sangat mahal. Fitur positif dari NextDesk Terra adalah materialnya yang terbuat dari bambu dan aluminum dan juga adanya mekanisme otomatis microprocessor. Ketinggian dari meja berdiri ini bisa diatur secara otomatis dan proses pengaturan ketinggian ini sangat halus dan presisi.

  • Ergotron WorkFit-S 

Inilah salah satu standing desk paling fungsional, dengan desain yang membuat anda dapat dengan fleksibel berdiri dan duduk. Terdapat dua panel meja, yang satu untuk berdiri dan yang kedua untuk posisi duduk. Konsep tersebut memang ditujukan untuk orang yang bekerja dengan cara berdiri dan duduk. Begitu pula dengan penempatan monitor yang sangat modern, anda dapat mengatur atau menambah monitor jika diperlukan. Anda juga dapat mengatur ketinggian  panel keyboard sesuai dengan yang anda inginkan, standing desk ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kemudahan dalam bekerja.

  • Kangaroo Pro 

Inilah alternatif standing desk lainnya yang dapat anda pasang di rumah anda. Kangaroo Pro ini mempunyai desain yang sangat fungsional, anda dapat mengatur ketinggian panel meja sesuai dengan yang anda inginkan. Kangaroo Pro merupakan standing desk yang memiliki desain simpel dan mudah dalam penggunaannya.