MEDIA PARTNER

Saturday, April 20, 2019

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Game Server Hosting

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Game Server Hosting

Banyak orang yang bertanya tentang kelebihan dan kekurangan bisnis game server hosting. Beberapa tahun kebelakang, bisnis game server hosting semakin meningkat terutama dengan semakin meningkatnya kebutuhan orang akan server hosting yang berkualitas. Terutama bagi individu ataupun korporasi yang memiliki server berkualitas dan ingin melebarkan sayap di dunia game server hosting. Namun belum banyak orang yang mengetahui berbagai strategi ataupun sistem dalam membangun bisnis game server hosting ini. Terutama banyak orang yang belum tahu bagaimana memonetize ladang bisnis terbaru ini. Bisnis ini sepertinya masih sangat happening terutama dengan banyaknya orang yang mengakses game lewat PC, dan berpotensi untuk mendapatkan konsumen masih sangat besar.

Namun semakin banyaknya orang mengkses game lewat PS4 atau Xbox , apakah bisnis ini masih bisa profitable? Dan bagaimana cara dan berapa kemungkinan order ataupun sales yang kita dapat perbulannya? Masih banyak pertanyaan-pertanyaan tentang bisnis satu ini yang memang tidak sembarang orang mau terjun didalamnya. Berikut kami sertakan beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis game server hosting.

Bisnis Game Server Hosting


Salah satu bisnis paling populer dan stabil terutama dalam mendapatkan income bulanan tidak lain adalah dengan menyewakan dedicated server atau colocation server. Termasuk dalam hal games, banyak ‘gamers akut’ sering menyewa game server hosting baik untuk keperluan personal ataupun bisnis. Tidak hanya gamers, para pengembang game pun semakin tertarik dengan bisnis ini, dimana ia bisa menyediakan dan mengontrol server hosting secara independen. Biasanya para clan atau gamer yang telah menyewa game server hosting setahun atau dua tahun memiliki game server favoritnya. Mereka lebih interest menyewa perusahaan server yang yang terpercaya daripada server hosting yang murah dan terkesan abal-abal.

Biasanya para clan ini berusia muda dan tidak dengan mudah berganti provider terkecuali jika provider favorit mereka tiba-tiba bangkrut. Para clan ini biasanya juga memiliki sebuah pekerjaan tetap, jadi mereka dapat dengan mudah membayar server hosting favorit mereka. Inilah tipe-tipe konsumen paling oke terutama untuk bisnis game server hosting, namun untuk mendapatkan konsumen seperti ini tidaklah mudah, walaupun tipe konsumen seperti ini memang biasanya menjadi pelanggan dedicated server atau colocation server.

Banyak dari clan pemula biasanya tidak stabil dan terkesan asal-asalan. Biasanya clan baru adalah remaja yang lebih memilih server hosting murah dan kemudian kecewa karena servernya sering down. Bagaimanapun, mereka lebih tertarik pada harga yang murah dan tidak berpikir dua kali mengenai kualitas dari bisnis hosting. Sebagai ‘game server provider’ baru, Anda seharusnya dapat menjaring tipe-tipe clan seperti ini. Dalam setahun mungkin ada beberapa yang menggunakan server Anda, namun pasti kebanyakan hanya memakai beberapa bulan untuk kemudian pergi karena ego mereka lebih besar daripada kemampuan organisasi mereka.

Kelebihan Bisnis Game Server Hosting 


Ini merupakan celah yang bisa kamu ambil dan memang tipe-tipe seperti ini yang akan terjaring dalam lingkaran bisnis server game hosting Anda, terutama jika Anda menawarkan diskon bagi pengguna baru atau beberapa penawaran misalnya harga murah untuk sewa minimal 5 bulan.

Bisa dibilang ini merupakan bisnis yang cukup sulit, banyak gamers yang tertipu oleh iming-iming provider murah dan berharap mendapatkan layanan yang pantas dan sayangnya sangat susah untuk didapatkan. Memang banyak provider murah yang mendapatkan banyak pelanggan dengan cepat terutama karena tidak terlalu banyak resiko dalam mengeluarkan biaya bulanan ataupun biaya yang tak diduga sebelumnya.

Jika Anda menerapkan tarif mahal dan biaya bulanan juga mahal maka Anda tak akan mendapatkan pelanggan dengan cepat sehingga Anda akan dengan cepat pula bangkrut. Jika plan bisnis Anda adalah dengan menggunakan sistem TC Admin atau WHMCS dan menjual berbagai game seperti kebanyakan provider, maka Anda sebaiknya mempunyai situs webhosting yang mirip dengan kebanyakan provider miliki, terutama karena tahun pertamamu mungkin tidak akan terlalu banyak pelanggan yang submit di situsmu.

Game server hosting mungkin tidak terlalu berada pada titik jenuh seperti Shared webhosting, namun sepertinya akan mengalami hal seperti itu juga. Jika Anda memang sudah yakin dengan bisnis ini, maka Anda harus membuat perusahaan yang profesional, dan menawarkan berbagai hal unik pada para gamers. Anda juga seharusnya menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Biasanya pelanggan game server itu pilih-pilih, mereka mengharapkan performa maksimal, harga murah, dan berharap jika terjadi error maka Anda harus secepatnya memperbaikinya.

Bisnis ini sangat menarik dan bisa sangat profitable. Namun perlu Anda ketahui, membangun situs online memang mudah namun Anda sudah seharusnya memiliki manajemen yang bagus dan team marketing yang juga bagus. Sama seperti bisnis-bisnis online lainnya, marketing dan manajemen merupakan kunci sukses keberhasilan. Jika Anda memiliki manajemen game server hosting yang buruk maka kemungkinan besar layanan dan pengorganisasian juga akan buruk. Dan jika Anda memiliki marketing yang tidak kompeten, yang memakai server Anda kemungkinan kurang dari 10 orang dan kesulitan mendapatkan pelanggan baru. Namun ini semua pilihan Anda, jika Anda ingin stand out dan terlihat profesional maka jangan ragu untuk invest banyak dana karena bisnis ini bisa jadi sangat profitable di dunia digital ini.

Beberapa Kekurangan Game Server Hosting

Banyak penyedia server hosting yang kebanjiran pemesanan dedicated dan co-location hosting dari berbagai tipe bisnis. Dari banyak review, terlihat adanya grafik stabil dan juga kepuasan baik dari pelanggan maupun provider. Namun banyak dari provider server hosting yang tidak terlalu ataupun tidak untuk masuk di bisnis game server hosting, mengapa?

Game Server Hosting Boros Bandwith

Game server hosting memiliki karakteristik menghabiskan banyak kuota bandwith dan berjalan pada koneksi low latency. Karena menghabiskan banyak bandwith, biaya hosting menjadi sangat tinggi dan juga harganya yang naik turun.

Perusahaan vs Individu

Banyak dari konsumen yang memesan game server hosting adalah individu-individu daripada perusahaan. Banyak dari penyedia hosting lebih fokus pada penyedia layanan untuk perusahaan. Berbeda dengan individu, perusahaan memiliki karakteristik profesional, bertanggung jawab terhadap layanan, dan lebih toleransi terhadap adanya gangguan. Biaya utama dalam penyediaan layanan game server adalah bandwith, berbeda dengan perusahaan yang segalanya dijalankan dengan profesional, budget yang dimiliki individu-individu sangatlah minim, oleh karena itu bisnis game server hosting ini sangatlah menantang.

Memang banyak juga perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam penyediaan game server hosting dan akan menjadi hal wajar jika penyedia tersebut terus melakukan promosi di situs mereka. Salah satu indikator yang memperlihatkan tidak kompeten nya sebuah penyedia game server hosting adalah mereka sangat minim melakukan kegiatan promosi.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan bisnis game server hosting. Seperti yang telah dikemukakan diatas bahwa bisnis game server hosting ini bukanlah bisnis yang mudah melainkan bisnis yang sangat menantang. Jika Anda tertarik dengan bisnis ini, sudah seharusnya Anda melakukan berbagai analisa pasar dan juga berbagai aktivitas promosi yang menjadikan bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.