MEDIA PARTNER

Wednesday, April 10, 2019

Cara Mengatasi Sulit Tidur Setelah Melahirkan

Cara Mengatasi Sulit Tidur Setelah Melahirkan

Pada masa pra persalinan, seorang wanita biasanya sering mengalami gangguan tidur. Dan tepat setelah melahirkan, seorang wanita membutuhkan lebih banyak waktu tidur untuk mengembalikan kesehatannya secara total. Namun sayangnya kebanyakan ibu muda sering mengalami pospartum insomnia atau gangguan tidur tepat setelah melahirkan. Gangguan tidur tersebut pastinya akan mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Seorang ibu muda biasanya sering mengalami gangguan psikologis yang mengganggu kualitas tidur. Biasanya mereka tidak bisa tertidur karena sering mengecek keadaan sang bayi. Karena merupakan masalah serius, berikut kami berikan beberapa cara mengatasi sulit tidur setelah melahirkan. 

Mengatasi Insomnia Setelah Melahirkan

Gangguan tidur pada seorang ibu yang baru melahirkan jika tidak ditangani maka akan berimbas pada postpartum depression atau gejala depresi setelah melahirkan. Hal tersebut akan mengakibatkan kualitas hidup dari seorang ibu akan menurun bahkan mengalami depresi parah. 

Matikan Seluruh Layar Gadget

Di era modern seperti sekarang, sangat sulit untuk menghindari berbagai barang elektronik seperti TV, smartphone, laptop dan lain-lain. Setelah melahirkan, seorang ibu muda harus lebih concern pada penggunaan barang elektronik. Penelitian modern  menunjukan bahwa seseorang yang lebih banyak menonton TV ataupun melihat-lihat smartphone sebelum tidur sering mengalami insomnia. Barang elektronik tersebut menstimulasi otak agar tetap aktif sehingga sangat sulit untuk masuk dalam kondisi tidur. Untuk ibu muda yang baru melahirkan ada baiknya mematikan seluruh barang elektronik seperti smartphone, laptop ataupun TV 6 jam sebelum pergi ke kamar tidur. 

Perbaiki Mood

Mood sangat berhubungan dengan kualitas tidur seseorang. Agar bisa tertidur dengan mudah, seorang ibu yang baru melahirkan membutuhkan mood yang baik agar bisa tertidur dengan mudah. Seorang ibu harus memastikan bahwa menjelang tidur, kamar tidur miliknya harus tenang, nyaman, dan tanpa cahaya sedikitpun. Hal tersebut untuk membantu tubuh tetap relax dan tanpa beban. Gunakan panel cahaya pada jendela agar tidak ada sedikitpun cahaya yang masuk dan gunakan seprai, matras dan bantal yang empuk dan nyaman. Selain itu pastikan untuk tidak mengaktifkan alarm.

Gunakan Ritual Sebelum Tidur 

Ritual disini bukanlah melakukan hal-hal klenik, melainkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mempengaruhi untuk bisa tidur. Seorang ibu yang baru melahirkan bisa melakukan berbagai ritual menjelang tidur seperti membaca novel, membuat puisi, mandi, main catur bersama suami dan lain-lain. Selain itu pastikan agar tertidur di jam yang sama setiap harinya. Aktivitas-aktivitas repetisi tersebut membantu otak untuk mempersepsikan bahwa tubuh telah siap tidur jika sudah melakukan ritual-ritual tertentu. 

Gunakan Bantuan Baby Sitter ataupun Suami

Salah satu cara paling efektif agar seorang ibu bisa tertidur dengan cepat dan nyaman adalah dengan menggunakan bantuan suami ataupun baby sitter. Keduanya bisa memberikan bantuan jika bayi terbangun secara tiba-tiba pada malam hari. Suami atau baby sitter bisa membuat susu dalam botol selama seorang ibu tertidur. Jika seorang ibu sudah memberikan asupan ASI pada bayinya lalu bayinya tertidur maka lakukan pemerasan ASI lanjutan agar suami atau baby sitter bisa memberikannya pada bayi yang terbangun pada malam hari.

Gunakan Bantuan Dokter Profesional
Jika dirasa gangguan tidur tidak juga membaik maka langkah paling tepat adalah dengan menemui dokter secepatnya. Dokter akan menentukan penyebab dan pengobatan medis yang paling tepat.